NSC Siapkan Generasi Muda Menjawab Tantangan Era Digital

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:08
NSC Siapkan Generasi Muda Menjawab Tantangan Era Digital

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tantangan era digital yang kian banyak memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang hebat dan siap memberi solusi bagi masyarakat. Pandemi mengajarkan banyak pihak untuk cepat menangkap peluang dan bergerak dengan sigap. Transformasi digital menuntut semua kalangan mampu memanfaatkan teknologi untuk penuhi segala kebutuhan.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) melalui wadah Nusamandiri Startup Center (NSC) berupaya untuk berperan aktif menggali potensi generasi muda melalui sebuah pembinaan dan mentoring. Agar kelak, generasi muda khususnya mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) mampu menjawab semua tantangan era digital.

Siti Nurlela, kepala NSC mengatakan, saat ini NSC telah melakukan pembinaan mahasiswa dengan mengadakan acara melalui sharing pengetahuan lewat webinar startup.

Upaya ini dilakukan untuk membuka mindset generasi muda, khususnya mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM) untuk membangun sebuah startup. Agar generasi muda bertambah wawasannya dan semakin terbuka pola pikirnya dengan membuat ide-ide bisnis startup, ujarnya dalam pesan whatsapp, Selasa (9/11).

Selanjutnya, katanya, selain membuka mindset, mahasiswa melalui kegiatan webinar motivasi, NSC juga memberikan bekal wawasan melalui webinar Business Model Canvas (BMC).

Hal ini dimaksudkan, agar generasi muda yang sudah tergabung dalam wadah NSC mampu berpikir tentang bagaimana proses bisnis. Mulai dari bagaimana cara membangun bisnis hingga bagaimana mempromosikannya di masyarakat, katanya dalam rilis yang diterima Republika.co.id , Kamis (11/11).

Setelah diberikan pembekalan melalui webinar, ia menjelaskan generasi muda yang tergabung dalam wadah NSC, juga dibuatkan forum khusus sebagai tempat berdiskusi dan berbagi pengalaman antar teman dan mencari ide-ide bisnis baru yang sedang digandrungi masyarakat.

Melalui forum diskusi ini, NSC memonitoring, lalu memberikan pelatihan pembuatan BMC agar ide-ide bisnis yang telah direncanakan dan dirancang dapat menarik investor, tandasnya.

Sukses membuat BMC, imbuhnya, mahasiswa yang tergabung di NSC ini akan diikutsertakan melalui kegiatan akselerasi startup mahasiswa Indonesia (ASMI). Di kegiatan ini, mahasiswa akan pitching BMC untuk mendapatkan pemodal dari bisnis startup.

Langkah-langkah ini terus kami lakukan untuk memotivasi mahasiswa agar semakin terbuka wawasannya. Selain itu, NSC juga mendatangkan dan mengundang para tokoh-tokoh sukses dari kalangan anak muda di negeri ini, juga alumni-alumni sukses UNM di bidang startup, untuk berbagi pengalaman dengan dan pengetahuan mereka, paparnya.

NSC, ungkapnya, juga aktif memberikan tips-tips dan kiat-kiat sukses membangun startup melalui media sosial NSC di akun @nsc_nusamandiri (backlink ig nsc @nsc_nusamandiri).

Berani berbeda itu bagus, jangan pernah takut gagal, sebab sebenarnya ketakutan itu tidak pernah bisa dipegang, ketakutan hanya sebuah sikap pesimistif. Maka, beranilah untuk memulai dan bergerak, tutupnya.

Artikel Asli