Sopir Vanessa Angel Kena Pasal soal Kesengajaan, Ini Penjelasan Polisi

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:10
Sopir Vanessa Angel Kena Pasal soal Kesengajaan, Ini Penjelasan Polisi

LIMAPAGI - Tubagus Joddy, sopir Vanessa Angel dan Febri 'Bibi' Ardiansyah dikenakan dua pasal atas insiden kecelakaan yang merenggut nyawa dua majikannya itu. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, Kombes Pol Latif Usman menjelaskan mengapa penyidik menerapkan dua pasal tersebut.

Pasal 310 ayat 4 Undang-Undang (UU) RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) disangkakan karena Joddy lalai dan bisa mengakibatkan orang meninggal dunia. Sedangkan Pasal 311 ayat 5, Joddy dianggap sengaja karena tindakannya membahayakan.

"Si pengemudi sebetulnya mengetahui ini bisa membahayakan bagi nyawa diri maupun orang lain, dan atau di (Pasal) 311 ayat 5 yaitu sampai meninggal dunia," kata Latif dalam konferensi pers, Kamis, 11 November 2021.

Latif menambahkan, saat sebelum kejadian kecelakaan terjadi, Joddy memacu kendaraannya dengan kecepatan 130 Km/jam. Selain itu, dia sempat bermain handphone (HP).

"Nah, ada mungkin di media sosial sebagai petunjuk. setelah kami telusuri, betul dia di beberapa tempat bermain HP. Ini adalah suatu kesengajaan yang dia lakukan," tuturnya.

Joddy sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka sejak Rabu, 10 November 2021. Per hari ini, dia ditahan di Polres Jombang. Joddy dikenakan Pasal 310 ayat 4 UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp12 juta.

Selain itu, Pasal 311 ayat 5 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp24 juta.

Sebelumnya, Vanessa Angel dan suaminya kecelakan di Tol Jakarta arah Surabaya (Tol Nganjuk) pada Kamis, 4 November pukul 12.36 WIB. Kecelakaan itu menewaskan keduanya. Sementara itu, sopir, anak, serta pengasuh anak Vanessa dan Bibi selamat.

Artikel Asli