Hujan Berjam-jam, Puluhan Makam di TPU Covid-19 Cikadut Ambles

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:15
Hujan Berjam-jam, Puluhan Makam di TPU Covid-19 Cikadut Ambles

LIMAPAGI - Puluhan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus Covid-19 di Bandung ambles. Diduga, amblesnya makam-makam tersebut akibat hujan yang mengguyur lokasi tersebut berjam-jam.

Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3, Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung, Sumpena, mengatakan, kejadian amblesnya makam di TPU Covid-19 Cikadut, terjadi di blok E2. Namun, Ia tidak merincikan jumlah pasti makam yang ambles.

"Di manapun, pemakaman yang tadinya musim kemarau dan sekarang masuk musim hujan, itu pasti ambles. Apalagi di Cikadut," ucap Sumpena saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 11 November 2021.

Lebih lanjut, Sumpena mengungkapkan, petugas dari UPT Pemakaman wilayah 3 sudah melakukan penanganan dengan memadatkan makam dan meratakan bagian yang amblesnya.

Artinya, kata Sumpena, kejadian ambles tersebut sangat berbeda dengan longsor di TPU Cikutra. Di TPU Covid-19 Cikadut tidak ada pemindahan jenazah di dalam makam.

"Tidak seperti di TPU Cikutra yang sampai dipindahkan jenazahnya. Jadi, jangan khawatir ahli warisnya. Jadi, ini bukan longsor seperti di Cikutra," pungkasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kawasan kota Bandung dalam tiga hari terakhir.

Selain amblesnya makam di TPU Covid-19 Cikadut, hujan juga turut membuat longsor di TPU Cikutra pada Rabu 10 November 2021. Akibatnya, sebanyak 4 jenazah terpaksa harus dipindahkan akibat musibah tersebut.

Artikel Asli