AHY dan Ibas Dampingi SBY Jalani Tindakan Utama Pengobatan di Rochester

Nasional | sindonews | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:42
AHY dan Ibas Dampingi SBY Jalani Tindakan Utama Pengobatan di Rochester

JAKARTA - Partai Demokrat memberikan kabar terbaru mengenai kondisi kesehatan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menjalani perawatan di Amerika Serikat (AS). SBY pun sudah didampingi kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas).

Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Ibas sudah tiba di AS lebih awal. Kemudian menyusul Ketua Umum Partai Demokrat AHY beberapa waktu lalu.

"Pihak keluarga yang mendampingi ada Mas SBY dan Mas Ibas. Karena proses minggu ini adalah tindakan utamanya. Nanti detailnya kami sampaikan. Mas AHY kan juga sudah menyampaikan beliau mendampingi karena memang ini sangat krusial," ujar Herzaky usai persidangan perkara Nomor 154 di PTUN Jakarta, Kamis (11/11/2021).

SBY beserta keluarga yang mendampingi saat ini sudah menetap di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat. "Alhamdulillah Bapak SBY sudah tiba di kota beliau menetap dan menjalani proses pemeriksaan, pengobatan, dan perawatan selama di Amerika Serikat yakni di Kota Rochester. Di mana kita tahu beliau akan berobat di Klinik Mayo ya," jelas Herzaky.

Pihak keluarga, kata Herzaky sangat yakin akan kesembuhan SBY. Tim dokter di sana menyampaikan kanker prostat yang dialami SBY masih stadium awal. Masih banyak jalan untuk proses penyembuhan SBY dan optimisme dari pihak keluarga cukup tinggi.

"Posisi Pak SBY bukan (menginap) di RS tapi bolak-balik pemeriksaan di kota lokasi tempat RS itu berada. Nanti setelah selesai terkait tindakannya kami akan update kembali seperti apa. Hanya untuk detail-detail pengobatannya kami belum bisa sampaikan saat ini karena dari bapak inginnya dijalani terlebih dahulu," papar Herzaky .

Oleh sebab itu, Herzaky memohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia untuk proses apapun yang akan dijalani oleh SBY pada minggu ini.

"Mohon doanya agar bisa berjalan dengan lancar dan bapak bisa beraktivitas seperti biasa," kata dia.

Dia juga mengungkapkan mulai 11 November 2021 di DPP Partai Demokrat selama tiga hari berturut-turut akan ada doa bersama dan juga istighosah untuk kesembuhan SBY.

"Karena ada proses dalam minggu ini terkait Bapak SBY, ada tindakan. Tetapi saya belum bisa bercerita lebih lanjut, hanya alhamdulillah Pak SBY sampai hari ini kondisi Pak SBY sehat walafiat. Dan bisa menjalani semua proses yang diperlukan. Nah kami ini secara nasional mulai dari DPP melaksanakan doa bersama dan istigosah untuk kesembuhan Bapak SBY selama tiga hari berturut-turut," pungkas Herzaky.

Artikel Asli