Soal Vaksin Anak, Ahli: Jangan Terpengaruh Selebritas

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:20
Soal Vaksin Anak, Ahli: Jangan Terpengaruh Selebritas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surgeon General dr Vivek Murthy menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 sangat aman. Ia menjelaskan bahwa hasil uji klinis menunjukkan vaksin Covid-19 terbukti efektif lebih dari 90 persen pada anak-anak berusia lima hingga 11 tahun.

"Covid mungkin tidak berbahaya bagi anak-anak kita, tetapi sayangnya, banyak anak yang meninggal. Ratusan, bahkan ribuan anak dirawat di rumah sakit," kata Murthy, seperti dilansir NBC , Kamis (11/11).

photo
Aktor Interstellar Matthew McConaughey - (EPA)

Murthy juga meminta kepada orang tua agar memvaksinasi anak-anak mereka. Jika memang ragu, menurut Murthy, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau sumber kesehatan yang kredibel, jangan terpengaruh oleh pernyataan selebritas yang sama sekali tidak ahli di bidang vaksin.

"Ada banyak kebisingan di luar sana, dan saya mohon untuk tidak terpengaruh. Konsultasikan semuanya kepada dokter Anda, dan sadari bahwa ini adalah kesempatan kita untuk melindungi anak-anak dan mengembalikan mereka ke banyak hal yang telah mereka lewatkan," kata Murthy.

Pernyataan Murthy secara khusus disampaikan untuk menanggapi pernyataan kontroversial dari aktor Matthew McConaughey yang menentang syarat wajib vaksinasi Covid-19 ( vaccine mandate ) untuk anak-anak. Ia secara terbuka menentang vaksin Covid-19 bagi anak dalam KTT New York Times DealBook Summit.

Artikel Asli