UI Berkomitmen Tingkatkan Sertifikasi Produk Halal

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:49
UI Berkomitmen Tingkatkan Sertifikasi Produk Halal

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Indonesia Halal Center (UIHC) resmi diluncurkan pada Rabu (11/11). Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro menyampaikan pendirian UIHC merupakan wujud komitmen UI dalam menjawab tantangan pengembangan industri halal Indonesia.

"UIHC merupakan pusat penelitian produk halal di bawah Unit Kerja Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia sebagai sarana penyedia layanan uji produk halal, konsultasi produk dan jasa hingga pelatihan pemberdayaan konsumen," katanya dalam Grand Launching UIHC, Rabu (11/11).

Pendirian UIHC juga merupakan sebuah komitmen dalam memenuhi Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Hal ini demi menjamin ketersediaan produk halal di masyarakat, serta mengadakan program penelitian dan pengembangan tenaga pemeriksa halal.

"Selain itu juga mengadakan program pelatihan untuk para pelaku UKM, agar produk mereka dapat mencapai standar halal," katanya.

Kini, kehalalan sangat erat dengan berbagai macam aspek, tidak hanya keimanan tapi juga aspek kesehatan, etis, hingga keramahan terhadap alam dan lingkungan. Seiring dengan perkembangan global, kehalalan juga kini tidak terbatas hanya pada sektor pangan namun meluas pada sektor industri, kosmetik, agrikultur, farmasi, fashion, hingga industri jasa seperti pariwisata dan keuangan.

Ia berharap dengan dibukanya UIHC maka dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam mewujudkan program pemerintah. Dalam menjadikan Indonesia sebagai pemain utama produsen halal di dunia.

Artikel Asli