Jokowi: Ketemu Bule Saja Kayak Ketemu Siapa, Sedih Kita

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:50
Jokowi: Ketemu Bule Saja Kayak Ketemu Siapa, Sedih Kita

LIMAPAGI - Presiden Joko Widodo menyayangkan masih adanya mental inferior atau mental terjajah yang masih bercokol di mentalitas sebagian orang di Tanah Air.

Jokowi menyindir masih ada orang yang merasa inferior saat bertemu warga negara lain atau bule. Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun ke-10 Partai Nasdem, Kamis 11 November 2021.

Saya tidak ingin mental inferior, mental terjajah, masih ada yang bercokol di mentalitas bangsa kita. Ketemu bule saja kayak ketemu siapa, sedih kita, kata Jokowi.

Sang kepala negara menyadari, bangsa Indonesia sebelumnya mengalami penjajahan selama sekitar 350 tahun. Jokowi bertanya-tanya, apakah hal tersebut yang membuat masih adanya mental inlander atau mental bangsa terjajah itu.

Apakah terjajah terlalu panjang memunculkan DNA yang jangan-jangan seperti itu, ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan, bangsa Indonesia telah 76 tahun merdeka. Kemerdekaan itu katanya diraih dengan perjuangan keras, bukan pemberian.

Karena itu, kata Jokowi, orang-orang Indonesia harus mulai menumbuhkan rasa percaya diri yang besar. Bahkan, katanya, negara-negara lain sudah mengakui kemampuan dan kapasitas bangsa Indonesia.

Kita harus mulai membangun rasa percaya diri, rasa optimisme. Jangan sampai kita kehilangan orientasi itu. Mental terjajah , mental inferior itu, jangan sampai nggak kehilang-hilang sampai sekarang, katanya.

Artikel Asli