Kota Blitar Sukses Tangani Covid-19, Moeldoko Puji Budaya Guyup Rukun Warga Bumi Bung Karno

Nasional | jatimtimes.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:20
Kota Blitar Sukses Tangani Covid-19, Moeldoko Puji Budaya Guyup Rukun Warga Bumi Bung Karno

JATIMTIMES - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Blitar, Kamis (11/11/2021). Salah satu agenda Moeldoko di Bumi Bung Karno adalah menghadiri Forum Diskusi Bincang Rakyat di Balai Kota Kusumowicitro.

Dalam agenda Bincang Rakyat ini, Moeldoko memuji keberhasilan Kota Blitar dalam penanganan pandemi covid-19. Moeldoko menyebut Kota Blitar berhasil menangani pandemi dengan beragam strategi efektif dan hingga saat ini berada di level 1.

Di samping itu, Moeldoko juga menilai warga Kota Blitar juga memiliki budaya guyup rukun dan mudah bekerja ssama. Sehingga permasalahan-permasalahan, tak terkecuali covid-19, cepat diselesaikan.

"Kota Blitar memiliki berbagai strategi yang sangat jitu dan efektif sehingga semua berjalan lancar. Faktor keberhasilan lainya adalah sikap masyarakat yang sangat guyup dan mudah diajak bekerja sama sehingga permasalahan cepat terselesaikan," kata Moeldoko.

Mantan panglima TNI iji menambahkan, Kota Blitar telah menjadi role mode dan diharapkan mampu ditiru daerah lain dengan dengan spesifikasi dan kearifan lokal masing-masing wilayah.

"Sebagai role mode yang setidaknya bisa dijadikan rujukan. Meski masing-masing daerah punya spesifikasi dan local wisdom. Namun ini (Kota Blitar) bisa dijadikan rujukan. Dan ini sering disebut dalam sidang kabinet," tukasnya.

Sekadar diketahui, dalam agenda bincang rakyat ini, Wakil Wali Kota Blitar Tjujuk Sunario memaparkan soal penanganan covid-19 di Kota Blitar. Disambung dengan pemaparan Wali Kota Blitar Santoso melalui sambungan teleconference.

Forum diskusi bincang rakyat di Kota Blitar juga dihadiri Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Cahyono, Sekda Kota Blitar Priyo Suhartono dan kepala OPD terkait di lingkungan Pemkot Blitar. Hadir pula puluhan peserta yang hadir secara daring dan luring.

Kunjungan Moeldoko ke Kota Blitar adalah dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. Aspirasi yang terkumpul akan disampaikan ke pusat. Dalam kesempatan ini, Moeldoko juga memaparkan kinerja pemerintah dalam penanganan covid-19.

Artikel Asli