Anggota DPR Ini Ungkap Ada Dua Titik Krisis jelang Akhir Tahun, Perlu Ancang-ancang Rem Darurat

Nasional | rmol.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:12
Anggota DPR Ini Ungkap Ada Dua Titik Krisis jelang Akhir Tahun, Perlu Ancang-ancang Rem Darurat

RMOL.Kewaspadaan terhadap Covid-19 harus tetap dipertahankan meski tambahan kasus positif kian menurun. Hal itu penting mengingat dalam waktu dekat masyarakat akan dihadapkan dengan libur akhir tahun.

Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati mengingatkan, ada dua titik krisis yang patut diwaspadai pemerintah jelang akhir tahun ini.

Titik kritis pertama adalah varian baru dari luar negeri yang jadi ancaman dari luar, seperti adanya varian delta plus yang telah masuk ke Malaysia.

"Sementara titik kritis kedua adalah antisipasi gelombang ketiga usai pelonggaran di dalam negeri," kata Kurniasih dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/11).

Yang tak kalah penting adalah adanya tren kenaikan kasus Covid-19 di beberapa daerah selama seminggu belakangan.

"Ada tren kenaikan kasus di 155 kota/kabupaten dalam seminggu terakhir. Tampaknya memang harus diwaspadai betul datangnya gelombang ketiga. Karena pada saat yang sama, pelonggaran sudah terjadi di mana-mana dan banyak sektor," jelas politisi PKS ini.

Untuk berjaga-jaga, ia meminta kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah menyiapkan skenario menarik rem darurat pelonggaran yang sudah dibuat jika terjadi keaikan kasus.

"Publik harus diberi peringatan dan sosialisasi tentang potensi gelombang ketiga ini. Siapkan mitigasi belajar dari gelombang kedua. Tetap siagakan tempat isoman, jamin ketersediaan obat, oksigen dan tetap siagakan Satgas hingga level RT/RW," tandasnya. []

Artikel Asli