Mengenal Sertu Rully, Prajurit Kostrad Wasit Liga 1 Indonesia

Nasional | sindonews | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:05
Mengenal Sertu Rully, Prajurit Kostrad Wasit Liga 1 Indonesia

JAKARTA - Wajahnya yang murah senyum kerap menghiasi layar televisi ketika memimpin pertandingan sepak bola. Buah kejelian dan sikap tegasnya, seluruh pertandingan yang dipimpinnya berjalan lancar tanpa kehilangan keunikan ruh sepak bola. Dialah Rully L. Tambutina, seorang wasit Liga 1 Indonesia.

Ya, Rully merupakan figur seorang wasit yang mempunyai integritas tinggi dalam memimpin pertandingan sepak bola profesional di Indonesia. Itulah alasan dia mendapat kepercayaan masuk kedalam jajaran wasit di BRI Liga 1 2021.

Namun berbeda dengan wajahnya yang sudah begitu dikenal, tak banyak orang mengetahui sosoknya sebagai seorang tentara. Pria kelahiran Sidondo, Sulawesi Tengah 42 tahun silam ini adalah anggota TNI AD berpangkat sersan satu (sertu). Mahir bahasa bugis, sejak kecil Rully memang punya hobi bermain sepak bola dan terus dilakukannya sampai menjadi prajurit TNI AD.

Dikutip dari akun instagram @divif2_kostrad pada Kamis (11/11/2021), Rully mengawali karier militernya dari Tamtama PK jalur umum. Dia lulus tahun 1999 lalu ikut pendidikan Secaba Reguler dan lulus pada 2015. Sertu Rully saat ini bertugas di Denpal Divif 2 Kostrad dengan jabatan sebagai Bintara Pembekalan Munisi (Babek Mu) Ton 3 Kompi Peralatan 1 Denpal Divif 2 Kostrad.

Di dunia perwasitan nasional, suami dari Septiana Anggraeni ini mengawali kariernya melalui lisensi wasit C3 pada 2007 untuk tingkat Askot Kota Malang. Setahun kemudian, dia meneruskan lisensi menjadi C2 tingkat Asprov lalu pada 2009 memperoleh lisensi C1 tingkat nasional.

Awal memimpin pertandingan tingkat Nasional dimulai pada pertandingan Amatir pada tahun 2013, kemudian meningkat pada tahun 2016 memimpin pertandingan di Liga 2 dan akhirnya pada tahun 2017 sampai dengan sekarang diberikan kepercayan memimpin pertandingan di Liga 1.

Atas pencapaian tersebut, Rully memperoleh apresiasi tinggi dari para prajurit TNI, terutama TNI AD di Divif 2 Kostrad. Bahkan, Dandenpal Divif 2 Kostrad Letkol Cpl Muhammad Arif Yazul mengungkapnya rasa bangganya atas pencapaian Sertu Rully di dunia perwasitan.

"Atas kemampuan dan prestasinya telah membuat bangga seluruh prajurit Denpal Divif 2 Kostrad dan semoga bisa membawa perubahan positif bagi perwasitan di Indonesia," jelas Arif Yazul.

Artikel Asli