Pertama Gelar WSBK Eh Bermasalah, Ducati Ngamuk Logistiknya Dibongkar

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:15
Pertama Gelar WSBK Eh Bermasalah, Ducati Ngamuk Logistiknya Dibongkar

JawaPos.com Profesionalisme penyelenggaraan ajang balap World Superbike (WSBK) perdana di Mandalika sedang menjadi sorotan dunia motorsport.

Hal itu tak lepas dari perilaku salah satu anggota panitia yang diketahui melakukan unboxing secara ilegal motor Ducati Pangale V4R sebelum timnya tiba di lokasi.

Dilaporkan Speedcafe, pihak mereka menerima video dari kontributor lokal yang isinya rekaman seorang staf panitia yang membongkar kargo milik Ducati dan mengutak-atik motor milik rider Michael Rinaldi.

Di setiap balapan, kargo logistik tim peserta balapan hanya boleh dibuka otoritas kepabeanan negara setempat untuk dicek legalitas isinya.

Kemudian setelah itu hanya boleh dibongkat pemilik kargo atau tim untuk mencegah upata mata-mata dan manipulasi dari pihak lain. Misalnya dari tim lawan.

Memang, sebagian besar kru dan anggota tim-tim WSBK belum tiba di Indonesia.

Mereka baru dijadwalkan tiba pada Minggu atau Senin depan. Sebab mereka juga harus menjalani karantina selama dua hari.

Meski begitu, sejumlah perwakilan Dorna, sebagai promotor balapan tersebut, sudah tiba di lokasi.

Karena Sirkuit Mandalika juga akan menjadi tuan rumah Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 19-21 November.

Kami meminta maaf sebesar-besarnya atas terjadinya insiden yang terjadi di luar kontrol kami,

Pekerja yang membuka kargo tersebut sudah dipecat, ujar Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla, dikutip dari Speedweek .

Bos Ducati Paolo Ciabbati juga murka mengetahui terjadinya kasus tersebut.

Menurutnya, kejadian seperti ini adalah kemunduran dalam sebuah penyelenggaraan WSBK yang dilangsungkan di negara-negara dunia ketiga, selama empat dasawarsa terakhir.

MGPA sendiri masih terus melakukan investigasi terkait kasus tersebut. Karena tidak menutup kemungkinan kargo tim-tim lain juga dibongkar.

Artikel Asli