Mesir Larang Penayangan Film Eternals di Bioskop

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:10
Mesir Larang Penayangan Film Eternals di Bioskop

IHRAM.CO.ID, KAIRO Pemutaran film superhero Marvel Eternals di Mesir dibatalkan pada Selasa (9/11), tepat seperti yang dijadwalkan untuk diputar di layar nasional. Ini dilakukan setelah sejumlah negara Teluk menarik film tersebut dari bioskop yang dilaporkan karena adanya penggambaran pasangan sesama jenis.

Kabar itu muncul ketika bioskop IMAX di Facebook mengumumkan film Eternals tidak ditayangkan di Mesir. Pejabat bioskop IMAX mengatakan film memang berisi sejumlah adegan yang tidak layak ditayangkan.

Namun, distributor film menolak untuk menghapus adegan itu setelah ada kontroversi dengan sensor. Jadi, keputusannya adalah tidak ditayangkan di Mesir kecuali adegan itu dihapus. Film dijadwalkan akan diputar pada Rabu (10/11). Keputusan untuk membatalkan pemutaran film juga terjadi di negara lain, seperti Qatar, Arab Saudi dan Kuwait yang belum lama melarang Eternals dan diam-diam menariknya dari bioskop.

Meskipun tidak ada pernyataan resmi yang dibuat, sumber mengindikasikan kepada Hollywood Reporter bahwa sensor lokal meminta penghapusan adegan intim dari film tetapi permintaan ditolak oleh Disney.

Menurut sumber, sensor lokal tidak senang dengan dimasukkannya pasangan sesama jenis pertama Marvel,menampilkan keintiman, dan penggambaran makhluk seperti dewa. Film Marvel menggambarkan ras abadi makhluk kuat yang tetap tidak terdeteksi oleh umat manusia sampai mereka dipanggil untuk melindungi Bumi dari Deviants, ancaman alien.

Film ini dibintangi oleh beragam pemeran, termasuk superhero tuli pertama Marvel dan karakter yang dimainkan oleh aktor Lebanon Haaz Sleiman dan Brian Tyree Henry yang memerankan pasangan gay dan memiliki seorang putra.

Dilansir Middle East Eye, Kamis (11/11), larangan film di Teluk dan Mesir diduga disebabkan oleh adegan ciuman pasangan tersebut, mengingat homoseksualitas ilegal. Aktris Amerika Angelina Jolie pekan lalu menyatakan dia merasa sedih untuk penonton yang tidak akan dapat melihat film tersebut. Bagaimana orang marah tentang hal itu, diancam olehnya, tidak menyetujui atau menghargainya adalah bodoh, kata Jolie.

Larangan Eternals saat ini mengikuti penolakan dari Qatar, Arab Saudi, Kuwait, dan Mesir untuk mendistribusikan Pixar's Onward pada tahun 2020 karena penyebutan hubungan lesbian. Eternals dilaporkan akan dirilis di Uni Emirat Arab (UEA), Yordania dan Lebanon dengan syarat adegan yang menggambarkan segala bentuk keintiman antar karakter akan dihapus

Artikel Asli