Pemain Spanyol Bertumbangan Cedera, Enrique tak Khawatir

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:15
Pemain Spanyol Bertumbangan Cedera, Enrique tak Khawatir

REPUBLIKA.CO.ID,MADRID -- Spanyol bakal melakoni dua laga terakhir penyisihan Grup B Zona Eropa Kualifikasi Piala Dunia 2022 tanpa diperkuat sejumlah pemain kunci. Total, La Roja kehilangan sembilan pemain akibat mengalami cedera kala memperkuat klubnya masing-masing.

Enrique mengaku tidak khawatir dengan kemampuan pasukannya untuk memetik kemenangan pada dua laga tersebut walaupun banyak pemain cedera. "Kami mesti fokus dengan apa yang bisa kami kendalikan. Saya senang dengan pemain yang bisa saya bawa di skuad ini. Sebagai pelatih, saya cukup beruntung bisa memilih lebih dari 60 pemain yang memiliki kualitas mumpuni. Kami sudah siap. Kami yakin bisa meraih kemenangan di dua laga tersebut,'' kata Enrique seperti dikutip Associated Press , Kamis (11/11).

Sebelumnya, pelatih Luis Enrique tidak menyertakan Pedri Gonzalez, Ferran Torres, dan Marcos Llorente, dalam skuad Spanyol dua laga pamungkas penyisihan Grup B. Tiga penggawa yang mengantarkan Spanyol finis di babak semifinal Euro 2020 itu tengah dibekap cedera.

Enrique kemudian harus membongkar kembali skuadnya. Sebab, Eric Garcia, Ansu Fati, Yeremi Pino, Gerarrd Moreno, dan Mikel Oryazabal menyusul cedera. Sejumlah pemain pun dipanggil untuk menggantikan pemain-pemain tersebut. Brais Mendez masuk menggantikan Yeremi Pino. Sementara posisi Fati dan Garcia digantikan oleh Raul de Tomas dan Diego Llorente.

Tidak berhenti sampai di situ, Mikel Merino juga kemungkinan besar absen saat La Roja menyambangi Yunani di Stadion Olympic, Athena, Kamis (11/11) waktu setempat. Padahal, Spanyol mesti bisa menyapu bersih kemenangan pada dua laga pamungkas penyisihan kualifikasi Piala Dunia 2022 guna menjaga peluang untuk langsung melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup B.

Bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Grup B, Spanyol masih tertinggal dua poin dari Swedia. Apabila hanya memetik satu poin di laga kontra Yunani, Spanyol bisa finis di peringkat kedua klasemen Grup B. Dari posisi tersebut, Spanyol mesti melakoni babak play-off untuk bisa lolos ke Qatar tahun depan.

Terlepas dari absennya sejumlah penggawa kunci tersebut, eks pelatih Barcelona itu masih bisa menurunkan sejumlah pemain yang sebelumnya sempat mengalami cedera. Pau Torres, Jose Luis Gaya, Jordi Alba, Alvaro Morata, dan Dani Olmo diketahui sudah cukup bugar dan telah bergabung bersama skuad La Furia Roja.

Rencananya, usai melawat ke markas Yunani, semifinalis Euro 2020 itu akan menjamu rival terberatnya di Grup B, Swedia, di Stadion La Cartuja, Seville, Ahad (14/11) waktu setempat.

Artikel Asli