SMK PGRI Lumajang Mantapkan Persiapan Magang Peserta Didik

Nasional | jatimtimes.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:52
SMK PGRI Lumajang Mantapkan Persiapan Magang Peserta Didik

JATIMTIMES - Ratusan siswa-siswi SMK PGRI Lumajang mengikuti pembekalan praktik kerja lapangan (PKL) di Jalan Juanda Lumajang. Mereka diberi pembekalan agar siap untuk magang di beberapa lembaga, baik itu lembaga pemerintahan maupun lembaga swasta, termasuk di perusahaan yang ada di Lumajang dan luar kota.

Kepala Sekolah SMK PGRI Lumajang Yudi Kus Indarto saat dikonfirmasi JatimTimes menjelaskan bahwa pembekalan ini dimaksudkan agar siswa-siswinya tidak butuh waktu banyak untuk beradaptasi dengan tempat magang nanti.

Lebih lanjut Yudi mengatakan bahwa praktik magang tahun ini lebih diprioritaskan yang di dalam kota karena situasi pandemi covid-19. Menurut dia, banyak orang tua wali murid yang khawatir jika anaknya magang di luar kota. Dari 178 siswa, yang magang di luar kota cuma satu anak, ujarnya.

Praktik kerja lapangan tahun ini ada yang beda. Yakni adanya siswa-siswi yang magang secara online. Waktunya pun tidak bersamaan dengan yang magang secara langsung. Jika jadwal magang lainya dilaksanakan mulai 3 Januari hingga April 2022, magang secara online sudah dimulai beberapa minggu lalu.

Ada 10 anak yang magang secara online, yakni di PT Jasatama Malang. Mereka bisa magang setelah sepulang sekolah setiap Senin hingga Kamis, ujar Yudi.

Hal senada diungkap Kepala Kompetensi Keahlian Multimedia SMK PGRI Lumajang Prasetyo Agung Pramono. Saat memberi questioner kepada peserta didiknya, rata-rata mereka mengaku semakin siap dan mantap untuk terjun ke dunia kerja setelah menerima pembekalan.

Anak-anak didik kami memiliki gambaran tentang dunia kerja, apa yang harus mereka lakukan di dunia kerja, etika di tempat kerja dan paling utama bagaimana mereka bisa berkomunikasi dengan baik di dunia kerja, ujar Prasetyo.

Saya merasa terbantu dan semakin paham dunia yang akan kami hadapi. Alhamdulillah dengan pembekalan ini, kami jadi tahu etika, cara berkomukiasi dan dispilin yang harus diterapkan di dunia kerja nanti, ujar Sari Putri Arifiyanti, siswi kelas XI Multimedia 2.

Pembekalan dar praktisi langsung ini sangat bermanfaat, banyak pengetahuan yang saya serap, semoga kami sukses didunia kerja nanti, timpal Ahmad Yasid, siswa kelas XI MM1.

Artikel Asli