FKIP UMS Perpanjang Kerja Sama dengan Khon Khaen University

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:44
FKIP UMS Perpanjang Kerja Sama dengan Khon Khaen University

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah, memperpanjang kerja sama internasional dengan Fakultas Pendidikan Khon Khaen University, Thailand, pada Selasa (9/11) secara daring.

Dekan FKIP UMS, Sutama, dalam sambutannya menyampaikan kerja sama UMS dengan Khon Khaen University, Thailand, resmi berlanjut. Meskipun, selama pandemi Covid-19, UMS tidak dapat mengirimkan mahasiswa ke Thailand dalam program pertukaran pelajar.

"Selama ini kami bekerja sama dengan University Khon Khaen, Thailand dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Khusus untuk bidang pendidikan, kami sudah memiliki program mobilitas mahasiswa, yaitu pertukaran pelajar dan magang," terang Sutama.

Ia berharap, pendemi Covid-19 bisa segera berakhir. Sehingga, UMS dapat menjalankan kembali program kerja sama dengan University Khon Khaen, Thailand. Atau jika belum memungkinkan, maka realisasi program dapat dilakukan secara virtual.

"Selain itu juga dapat meningkatkan kerja sama dalam penelitian dan pengabdian masyarakat secara bersama," katanya.

Sementara itu, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Mauly Halwat Hikmat, mengungkapkan pertemuan kedua universitas tersebut sekaligus menyegarkan kembali terkait MoU yang diteken pada 2017.

"Kami akan memperpanjang kerja sama kaitannya dengan beberapa kerja sama yang sudah disepakati, antara lain dalam kemahasiswaan, pengajar ( lecturer exchange ), research dan publikasi, juga dalam melakukan kolaborasi seminar," jelas dia

Mauly berharap, perpanjangan MoU tersebut memiliki dampak positif dapat dirasakan Fakultas FKIP khususnya, dan civitas akademika UMS pada umumnya.

Artikel Asli