Dikejar Deadline, DPRD DKI  Jakarta Kebut Dua Raperda hingga Akhir Tahun

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:56
Dikejar Deadline, DPRD DKI  Jakarta Kebut Dua Raperda hingga Akhir Tahun

LIMAPAGI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta dikejar deadline penyelesaian dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) agar rampung di akhir tahun 2021.

Kedua Raperda itu yakni perubahan status Perusahaan Umum Daerah Air Limbah (PAL) Jaya menjadi Perumda dan Perseroan Terbatas Jakarta Tourisindo menjadi Perseroda.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta, Pantas Nainggolan menjelaskan, alasan dikebutnya dua Raperda ini karena Program Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2022 telah ditetapkan.

Mudah-mudahan dua Raperda ini bisa diparipurnakan pada tahun ini juga, karena kalau sampai melampaui tahun ini berarti harus masuk di program tahun depan, dan kita bahas lagi. Sedangkan penetapan sudah selesai, katanya dikutip dari siaran pers DPRD DKI, Kamis, 11 November 2021.

Pantas berharap setelah disahkan menjadi payung hukum, PAL Jaya dapat meningkatkan pelayanan dan pengelolaan air limbah lebih baik lagi.PAL Jaya juga diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Adapun untuk Jakarta Tourisindo, Pantas berharap perseroan itu dapat berpartisipasi dalam mengembangkan dan mengelola perhotelan serta pariwisata di Ibu Kota.

"Lalu bisa berperan membentuk ekosistem pariwisata yang terintegrasi dan berkelanjutan serta mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah, harapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengaku siap mempercepat tahapan-tahapan selanjutnya, sehingga dua Raperda ini bisa segera menjadi Perda.

Untuk proses selanjutnya kami akan segera membuat surat permohonan kepada Kemendagri untuk proses fasilitasi. Kami kawal supaya bisa mengundangkan dan memberlakukan Perda ini di tahun 2021, katanya.

Artikel Asli