Gaikindo Sebut Bantuan Pemerintah Bantu Geliatkan Industri Otomotif

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:31
Gaikindo Sebut Bantuan Pemerintah Bantu Geliatkan Industri Otomotif

JawaPos.com Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi digelar. Pameran otomotif ini akan berlangsung hingga 21 November mendatang.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah atas pemberian izin penyelenggaraan kegiatan di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, hal ini menjadi salah satu upaya bangkitnya industri otomotif.

Tak terasa dua tahun berlalu sejak penyelenggaraan GIIAS sebelumnya pada 2019. Terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah, khususnya dibawah arahan Menko Perekonomian, Kemenperin dan Kemenkeu, ujar dia dalam dalam Opening Ceremoy GIIAS 2021 di lokasi, Kamis (11/11).

Kata dia, dukungan dari pemerintah dapat mendorong percepatan bangkitnya otomotif dari dampak pandemi Covid-19. Terlebih dengan adanya kebijakan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) oleh yang mendukung penjualan di sektor otomotif.

Melalui kebijakan pemerintah yaitu PPNnBM ini cukup mendorong baik kepada penjualan kendaraan di Indonesia, ungkapnya.

Kemudian juga terdapat pencapaian hasil kenaikan penjualan yang signifikan terhadap kendaraan-kendaraan yang mendapatkan kebijakan PPnBM DPP (dasar pengenaan pajak) terhadap jenis kendaraan yang diproduksi di Indonesia dengan lokal lebih dari 60 persen.

Pada periode Januari-Oktober 2021 dibandingkan periode yang sama tahun 2020, tercatat kenaikan penjualan domestik hingga 68 persen, ujar Yohannes.

Bahkan, saat ini dikatakan bahwa masih terjadi antrean pemesanan kendaraan. Hal tersebut segera dapat memenuhi seluruh kebutuhan tersebut tetap mendapatkan kenaikan sebesar 33,5 persen sebagai kelompok industri kendaraan bermotor yang menyerap tenaga kerja mencapai lebih dari 1,5 juta orang diikuti dengan kegiatan usaha industri industri pendukung, pungkas dia.

Artikel Asli