7 Bahan makanan sehat ini biasa digunakan Luna Maya untuk memasak

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:03
7 Bahan makanan sehat ini biasa digunakan Luna Maya untuk memasak

Brilio.net - Meski punya segudang aktivitas sebagai seorang artis dan pengusaha, Luna Maya masih sering menyempatkan waktu buat masak sendiri. Biasanya ia berkutat di dapur untuk memasak sendiri menu sarapannya, maupun membuat kue.

Luna Maya pun nggak sembarangan dalam memilih bahan makanan yang digunakannya. Selain memilih yang berkualitas agar rasa masakan lebih enak, ia juga memilih bahan yang lebih sehat. Ia pun selalu menggunakan sayur dan buah-buahan untuk menu masakan atau kue buatannya.

"Pokoknya intinya aku lihat di supermarket ini yang lebih sehat, gitu," ungkapnya saat menjelaskan bahan yang ia gunakan untuk membuat kue, dilansir dari YouTube/@Luna Maya.

Lantas, apa saja sih bahan makanan yang biasa digunakan pemain film Suzzana ini? Berikut tujuh bahan makanan sehat yang biasa digunakan Luna Maya untuk memasak, dilansir BrilioFood dari berbagai sumber, Kamis (11/11).

1. Tepung gluten free.

foto: YouTube/@Luna Maya

Luna Maya senang membuat kue atau dessert sendiri, seperti pancake dan banana bread. Untuk membuat kue-kue tersebut, biasanya Luna Maya menggunakan tepung gluten free yang jauh lebih sehat dibanding jenis tepung biasa.

Menurut everydayhealth.com, tepung gluten free biasanya dibuat menggunakan bahan-bahan bernutrisi yang lebih tinggi protein, serat, vitamin, dan mineral dibanding tepung biasa (tepung putih).

2. Susu kedelai.

foto: YouTube/@Luna Maya

Agar kuenya lebih creamy, Luna Maya biasanya menambahkan susu. Ia lebih sering menggunakan susu kedelai dibanding susu sapi. Dilansir dari healthline.com, susu kedelai ini tinggi potassium serta rendah kalori dan lemak, sehingga nggak bikin berat badan mudah naik.

3. Telur ayam kampung.

foto: YouTube/@Luna Maya

Luna Maya juga lebih memilih telur ayam kampung daripada telur ayam negeri. Menurut penelitian North Carolina State University tahun 2011, telur ayam kampung lebih unggul karena mengandung lebih banyak lemak tak jenuh dibanding telur ayam negeri.

4. Kacang.

foto: YouTube/@Luna Maya

Selain sering ia jadikan camilan, Luna Maya juga gemar membuat kue dengan tambahan kacang-kacangan, seperti kacang walnut, almond, hazelnut, dan lain-lain. Dikutip dari healthline.com, kacang-kacangan ini tinggi antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit.

5. Sayuran.

foto: Instagram/@lunamaya

Luna Maya senang bereksperimen pada masakannya, seperti pasta bolognese ini. Alih-alih menggunakan pasta yang dibeli di pasaran, ia memilih membuatnya sendiri, lho. Nggak lupa pula ia menambahkan banyak sayuran hijau biar pastanya lebih bernutrisi.

Dilansir dari webmd.com, sayuran hijau cenderung tinggi vitamin K yang bisa menyehatkan pembuluh darah, menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah kerusakan tulang, menjaga kesehatan mata, serta mengurangi risiko demensia.

6. Alpukat.

foto: Instagram/@lunamaya

Untuk sarapan, Luna Maya rutin mengonsumsi roti bakar dengan topping telur dan buah alpukat. Dikutip dari medicalnewstoday.com, alpukat memiliki beragam nutrisi mulai dari vitamin C, E, K, dan B6, asam folat, magnesium, potassium, dan masih banyak lagi.

Buah ini dipercaya bisa mencegah penyakit jantung dan kanker, menjaga kesehatan pencernaan, serta cocok untuk diet, lho. Lantaran alpukat mengandung banyak lemak baik yang nggak bikin gendut serta mengenyangkan.

7. Olive oil.

foto: Instagram/@lunamaya

Luna Maya biasa memasak menggunakan olive oil. Jenis minyak satu ini sudah nggak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan. Menurut aboutoliveoil.org, olive oil bagus dikonsumsi untuk menyehatkan jantung, mencegah kanker, melancarkan pencernaan, meningkatkan imun tubuh, dan lain sebagainya.

Artikel Asli