Presiden Jokowi Apresiasi 4 Film Ini di Malam Puncak FFI 2021

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:23
Presiden Jokowi Apresiasi 4 Film Ini di Malam Puncak FFI 2021

JawaPos.com Malam puncak Festival Film Indonesia (FFI) 2021 digelar tadi malam Rabu (10/11) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta. Penganugerahan penghargaan tertinggi untuk insan perfilman di tanah air tersebut dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi sejumlah film Indonesia yang berjaya di luar negeri berhasil memenangkan sejumlah penghargaan di tengah pandemi Covid-19 tahun ini. Ada 4 film yang disebutkan Jokowi secara langsung dalam sambutannya.

Yaitu film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas memenangkan Golden Leopard yang merupakan penghargaan tertinggi di Locarno Film Festival, film Yuni berhasil memenangi penghargaan Platform Prize di Toronto International Film Festival, film Laut Memanggilku memenangkan penghargaan bergengsi di Busan International Film Festival dan Dear to Me yang memenangkan penghargaan Junior Juli Award Special Open Doors Short Locarno Film Festival.

Saya sangat mengapresiasi dan saya berharap para sineas, aktor dan aktris perfilman Indonesia terus memupuk mimpi besar menguatkan kolaborasi dengan pusat pusat perfilman dunia, menggali dan mengangkat cerita unik, indah dengan talenta talenta hebat kita, kata Presiden Jokowi.

Dia pun memuji kreativitas para pembuat film dalam negeri yang mengeksplore banyak cerita dengan berbagai sudut pandang dan didukung talenta-talenta bagus. Hal itu yang menyebabkan film-film Indonesia berjaya di luar negeri mengunggguli negara negara lain di Asia Tenggara. Saya lihat memang bermacam macam arah sudut cerita yang diambil, katanya.

Jokowi juga menyinggung soal pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Usmar Ismail yang dilangsungkan Rabu (10/11) pagi bertepatan dengan Hari Pahlawan. Jokowi mengatakan, gelar tersebut merupakan bentuk apresiasi negara kepada pejuang kebudayaan.

Tadi pagi, sebagai wujud penghargaan tertinggi untuk pejuang kebudayaan, atas nama bangsa dan negara saya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail bapak perfilman Indonesia, katanya.

Artikel Asli