Puluhan Makam Covid-19 di TPU Cikadut Bandung Ambles

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:16
Puluhan Makam Covid-19 di TPU Cikadut Bandung Ambles

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puluhan makam Covid-19 di tempat pemakaman umum (TPU) Cikadut, Kota Bandung ambles akibat hujan deras yang terjadi Rabu (10/11) sore. Selain itu diperkirakan beberapa peti jenazah sudah tidak kuat menahan tanah yang berada diatasnya.

Petugas pemakaman TPU Cikadut, Rasef mengungkapkan makam-makam yang berisi jenazah Covid-19 ambles akibat hujan deras yang terjadi Rabu (10/11) kemarin. Petugas langsung memperbaiki makam-makam dan menambah tanah.

"Makam yang ambles ada 25 sampai 30 dan salah satu yang dibangun itu ambles juga karenanggak kuat bangunannya," ujarnya, Kamis (11/11). Ia menuturkan para ahli waris sudah diberitahu terkait kondisi makam yang ambles dan sudah diberitahu sedang dalam perbaikan.

"Sudah dibetulkan yang ambles-ambles mungkin salah satu kondisi tanah sama kualitas peti. Kalau peti yang jelek nah itu cepet amblesnya kalau yang bagus itu enggak," katanya.

Terpisah Kepala UPT Pemakaman Wilayah 3 Dinas Tata Ruang Kota Bandung Sumpena mengatakan tanah makam Covid-19 yang ambles tidak membahayakan. Para petugas TPU Cikadut sudah memperbaiki makam-makam tersebut.

"Tidak membahayakan langsung diurug, akibat hujan deras dan peti sudah tidak kuat menahan tanah," katanya.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengaku baru mengetahui terdapat puluhan makam Covid-19 yang ambles. Ia mengaku akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera diperbaiki.

"Segera tindaklanjuti dan akan dikoordinasikan dengan mereka (dinas)," katanya.

Sebelumnya, hujan deras yang terjadi Rabu (10/11) tepatnya pukul 15.00 Wib menyebabkan longsor di tempat pemakaman umum (TPU) Cikutra Kota Bandung dan menggerus sebagian tempat pemakaman. Akibatnya, empat jenazah dipindahkan petugas untuk mengantisipasi terjadi longsor susulan.

Artikel Asli