Insiden “Unboxing” Motor Ducati WSBK Mandalika, Kapolda NTB: Tidak Ada Barang yang Hilang

Nasional | suarantb | Published at Kamis, 11 November 2021 - 04:36
Insiden “Unboxing” Motor Ducati WSBK Mandalika, Kapolda NTB: Tidak Ada Barang yang Hilang

Mataram (Suara NTB) Logistik keperluan World Superbike (WSBK) 2021 seri Mandalika ternoda. Peti kargo berisi motor Ducati Panigale V4R tunggangan Michael Ruben Rinaldi disentuh orang tidak bertanggung jawab. Bahkan motor pembalap aruba.it Racing-Ducati bernomor 21 ini dijadikan konten di media sosial.

Sebenarnya tidak ada kegiatan gangguan keamanan di situ. Hanya miskomunikasi. Dorna dan MGPA yang koordinasi. Sudah clear. Tidak ada barang yang hilang, urai Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal dikonfirmasi usai apel gelar pasukan Operasi Mandalika Rinjani 2021 pengamanan IATC-WSBK Mandalika, Kamis, 11 November 2021.

Kejadian itu membuat personel pengamanan berbenah. Padahal sebanyak 58 personel Brimob Polda NTB sudah disiagakan 124 jam di area Mandalika International Street Circuit sejak sebulan lalu. Namun, kejadiannya berada di luar kontrol aparat.

Kita sudah minta MGPA dan Dorna melakukan verifikasi. Selain yang berkepentingan, tidak boleh ada yang membuka. Kita sudah atensi, siapapun yang masuk, harus seizin mereka dulu, tegasnya.

Video tersebut menampilkan seseorang berbaju putih dan celana hitam. Pria itu mengalungi tanda pengenal. Peti kargo berisi motor berkapasitas mesin 1.000 cc ini tampak sudah terbuka sebagian. Dalam video tampak pria bertopi ini menyentuh handle motor.

Aksi serupa unboxing aset privat milik tim WSBK ini menjadi bahan perbincangan. Pengunggah konten @S_K_L (inisial) menarik video tersebut. Dalam unggahannya di instagram, pemilik akun menyampaikan klarifikasi. Dia mengaku peti kargo dibuka pihak bea cukai.

Dalam unggahan klarifikasinya pada Rabu, 10 November 2021 petang, pria yang mengaku sebagai tim surveyor Sirkuit Mandalika ini mengatakan dirinya bukan sebagai pihak yang membuka peti kargo tersebut. Meskipun demikian dia mengakui kekhilafannya.

Mengenai saya yang ikutan mengambil gambar dan mempublikasikan setelah melihat yang lain mengambil gambar. Saya mengaku & minta maaf yang sebesar-besarnya walaupun hal tersebut di luar pengetahuan saya bahwa hal tersebut tidak diperbolehkan, ucapnya pada keterangan foto.

Sejauh ini, pihak Mandalika Grand Prix Association belum memberikan pernyataan resmi. Sementara Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Mataram membuat unggahan mengenai pelayanan kepabeanan logistik WSBK Mandalika.

Mengutip unggahan foto akun @beacukaimataram yang diunggah pada Rabu, 10 November 2021, pelayanan ini diberikan saat logistik seberat 100 ton tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Praya, Lombok Tengah pada Senin, 8 November 2021 dan Selasa, 9 November 2021 lalu. Logistik dari Doha, Qatar ini diangkut pesawat kargo Boeing-777 Freighter milk Qatar Airways.

Foto unggahan ini menampilkan petugas Bea Cukai Mataram dengan seragam khas mengecek peti kargo berisi motor balap WSBK sebagai barang kepabeanan. Pemeriksaannya tanpa menyentuh barang isi kargo tersebut.

Pada caption unggahan, dijelaskan bahwa Dirjen Bea Cukai memberi fasilitas kepabeanan dengan Carnet untuk kemudahan layanan kepabeanan dalam rangka impor keperluan IATC dan WSBK.
ATA (Admission Temporaire) Carnet dijelaskan sebagai dokumen pabean internasional yang diterima sebagai pemberitahuan sebagai pemberitahuan pabean. Fungsinya sebagai jaminan yang berlaku secara internasional serta digunakan untuk barang-barang keperluan selain sarana pengangkut dengan tujuan untuk dikendarai. (why)

Artikel Insiden Unboxing Motor Ducati WSBK Mandalika, Kapolda NTB: Tidak Ada Barang yang Hilang pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli