Ajang GIIAS 2021, Industri Otomotif Waktunya Ngegas Lagi

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 12:00
Ajang GIIAS 2021, Industri Otomotif Waktunya Ngegas Lagi

JawaPos.com Ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 mulai digelar hari ini, Kamis (11/11) hingga 21 November mendatang. Pameran otomotif berskala internasional yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian.

Seperti diketahui dalam suasana pandemi Covid-19, ini adalah kali pertama GIIAS 2021 di gelar, di mana sebelumnya pada 2020 tertunda karena kasus yang belum melandai. Hal ini pun menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para pecinta otomotif.

Menurut Airlangga dalam kata sambutannya, pandemi covid menyebabkan berbagai kegiatan termasuk pameran GIIAS tahun lalu absen. Tahun ini merupakan hal yang baik di pemerintah dalam kasus penanganan covid, bahkan indonesia adalah yang tebaik di ASEAN. Beradasarkan penilaian WHO, seluruh 34 provinsi di indonesia levelnya 1.

Kita lihat di quartal dua perekonomian bisa digas di 7,07 karena covid sudah rendah. Namun covid meningkat lagi di Juli, saat injak rem maka pertumbuhannya turun 3,5%. Hal ini memang membuat ekonomi maju dan mundur the wheel on the move. Di Q4 InsyaAllah covid melandai namun kita harus tetap jaga kapasitas dari kesehatan kita, ungkapnya.

Menurut Airlangga, bila melihat industri relatif lebih baik karena situasinya melandai di bulan Ooktober indexnya tertinggi 57,2%. Sehingga dengan angka ini pemerintah optimistis di Q4 mencapai pertumbuhan di atas 5 sehingga setara YOY dapat mencapai pertumbuhan 4%.

Dari sektor otomotif tadi di laporkan tahun kemarin angka total 530 ribu, tahun ini InsyaAllah bisa mencapai 850 ribu. Dan ekspornya diperkirakan bisa sampai 300 ribu, ujarnya.

Disisi lain Pemerintah bukan hanya mengarahkan, tapi juga berkontribusi kepada sektor ini dengan menganggarkan dalam kebijakan PPnBM sebesar Rp2,99 triliun yang mendekati 3 triliun. Akan tetapi masih terealisasi Rp 1,73 triliun, dan ini dinikmati oleh 6 pabrikan.

Harus diakui dengan program rileksasi yang diberikan Pemerintah, pertumbuhan di sektor otomotif merangkak naik. Apalagi dengan beberapa peluncuran produk baru, ini akan memancing pasar agar lebih bergairah.

Berbagai produk dan teknologi yang dipamerkan menjadi salah satu bukti pencapaian industri otomotif Indonesia yang patut dibanggakan, dan GIIAS akan menampilkannya secara langsung kepada publik Indonesia, tambah Nangoi, ungkap Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Yohannes Nangoi.

Merek kendaraan yang ikut serta dalam GIIAS 2021 seperti Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari kendaraan komersial, Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

Artikel Asli