GIIAS 2021 Dibuka, Menko Airlangga Harapkan Dapat Tumbuhkan Ekonomi

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:37
GIIAS 2021 Dibuka, Menko Airlangga Harapkan Dapat Tumbuhkan Ekonomi

JawaPos.com GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 resmi dibuka hari ini, Kamis (11/11). GIIAS dimulai dari 11 hingga 21 November 2021. Pameran otomotif ini dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

Dalam pembukaan acara, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, GIIAS ini diharapkan dapat mendorong perekonomian Indonesia, khususnya industri otomotif untuk bangkit.

Kita berharap pameran ini bisa mendorong kebangkitan industri otomotif, kata dia dalam Opening Ceremoy GIIAS 2021 di lokasi, Kamis (11/11).

Ia pun menyampaikan, dari pantauannya terdapat beberapa produk baru yang diluncurkan oleh para vendor otomotif dari berbagai brand. Salah satunya adalah electric vehicle yang diharapkan dapat membuat ekosistem supply chain khusus kendaraan listrik.

Dengan domestik market yang luas untuk membuat industri supply chain lengkap. Ini kita bisa swasembada di dalam negeri dan produknya pun bisa diekspor. Oleh karena itu, industri ini diharapkan dapat memanfaatkan kemudahaan yang diberikan oleh pemeritnah, sampai Airlangga.

Sekali lagi, dirinya pun menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya GIIAS 2021. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun juga sempat memberikan pesan untuk penyelenggaraan ini kepada dirinya, yakni untuk terus menggeliatkan industri otomotif dalam negeri.

Terimakasih GIIAS dan saya harapkan Menperin dapat meningkatkan sektor otomotif di Indonesia. Tadi Bapak presiden juga menitipkan pesan, selamat atas GIIAS ini, yang biasanya terus mendorong kegiatan ekonomi di Indonesia, tuturnya.

Adapun, Ketua Umum (Ketum) GAIKINDO Yohannes Nangoi mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah atas pemberian izin dilaksanakannya GIIAS 2021. Ia pun mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam pameran ini dapat menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Tak terasa dua tahun berlalu sejak penyelenggaraan GIIAS sebelumnya pada 2019. Kami mengucapkan terima kasih kepada Menko Perekonomjan dan Menperin atas dukungan terus menerus dan arahan kepada industri otomotif, tandasnya.

Artikel Asli