Antisipasi Bencana Alam, Polri Gelar Operasi Aman Nusai II

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:11
Antisipasi Bencana Alam, Polri Gelar Operasi Aman Nusai II

JawaPos.com Polri menggelar Operasi Aman Nusa II. Operasi dilaksanakan mulai dari tingkat pusat hingga Polda jajaran. Adapun fokus dari operasi ini yaitu mengantisipasi datangnya bencana alam saat musim penghujan tiba.

Itu adalah suatu hal yang rutin dilakukan ketika menjelang perubahan iklim dari kemarau ke hujan, yang cenderung banyak menimbulkan masalah bencana alam. Seperti longsor dan banjir, kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Kamis (11/11).

Rusdi mengatakan, Operasi Aman Nusa II telah disiapkan sejak jauh hari. Jumlah personel hingga peralatan yang dibutuhkan telah disiapkan.

Jadi, tinggal dilaksanakan. Sekarang sudah mulai antisipasi, kalau ada bencana main (bergerak) mereka, juga pencegahan mengingatkan mitigasi kepada masyarakat tentang antisipasi bencana itu, jelasnya.

Melalui operasi ini, maka jajara Polri akan langsung datang ke lokasi kejadian saat bencana terjadi. Petugas akan menberikan pertolongan kepada korban, hingga membantu proses evakuasi.

Dalam operasi kali ini juga melibatkan pemerintah daerah (Pemda) dan TNI. Sedangkan aspek pencegahan Polri menggandeng Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG sudah mengingatkan berapa wilayah antisipasi, karena curah hujan tinggi karena fenomena La Nina, pungkas Rusdi.

Artikel Asli