Elkan Baggott tak Sulit Berkomunikasi di Timnas Indonesia

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 10:59
Elkan Baggott tak Sulit Berkomunikasi di Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek tengah Elkan Baggot mengaku tidak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi di skuad tim nasional Indonesia yang mayoritas pemainnya berbahasa Indonesia. Elkan dipanggil bergabung ke pemusatan latihan tim proyeksi Piala AFF 2020 yang berlangsung bulan depan.

"Saya rasa tidak ada masalah," ujar Elkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/11).

Elkan, yang berayahkan warga negara Inggris dan beribu orang Indonesia, merupakan seorang penutur bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari. Saat ini, Elkan juga tercatat sebagai pemain klub Inggris, Ipswich Town. Sementara di timnas, bahasa yang digunakan adalah Korea dan Indonesia. Hal itu lantaran staf pelatih skuad Garuda yaitu pelatih kepala Shin Tae-yong beserta para asistennya yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu dan Choi In-cheol, berstatus sebagai warga negara Korea Selatan.

Para pelatih itu pun dibantu seorang penerjemah bahasa Korea ke Indonesia yaitu Jeong Seok-seo atau Jojo untuk berinteraksi dengan pemain. Selain Jojo, asisten pelatih timnas Yoo Jae-hoon, yang sudah tinggal di Indonesia sejak tahun 2010, juga merangkap sebagai penerjemah.

Meski nyaris tak ada yang berbahasa Inggris di lapangan, Elkan Baggott merasa tidak kesulitan dalam beraktivitas bersama timnas. Sebab, beberapa pemain timnas Indonesia fasih berbicara dengan bahasa Inggris. Bahasa itu pun kerap digunakan Shin Tae-yong untuk berdialog langsung dengan Elkan.

"Pelatih Shin sering menerjemahkan langsung bahasa Korea ke Inggris kepada saya. Bahasa Inggris pelatih bagus. Jadi saya merasa oke," kata Elkan.

Elkan Baggott merupakan pemain debutan di timnas senior Indonesia. Sebelumnya, pesepak bola berusia 19 tahun yang lahir di Thailand itu sempat memperkuat timnas U-19 Indonesia pada beberapa laga uji coba.

Saat ini, Elkan bersama rekan-rekannya di timnas Indonesia tengah menjalani persiapan menuju Piala AFF 2020 yang dimulai Desember 2021. Pemusatan latihan (TC) berlangsung di Jakarta dan Turki.

Anak-anak asuh pelatih Shin Tae-yong dijadwalkan berangkat ke Turki pada Kamis (11/11). Di Turki, selain berlatih, timnas Indonesia juga akan menunaikan pertandingan persahabatan internasional FIFA kontra Afghanistan, Selasa (16/11), dan Myanmar, Kamis (25/11).

Akan tetapi, Elkan mengatakan, ia hanya akan ikut dalam pertandingan versus Afghanistan. Setelah laga itu, dia kembali ke klubnya Ipswich Town.

"Jadi saya akan bermain melawan Afghanistan kalau pelatih Shin Tae-yong memilih saya. Setelah itu, saya akan kembali ke klub dan terbang ke Singapura pada tanggal 1 Desember 2021," tutur Elkan yang mengaku sudah mendapatkan izin dari klubnya bermain di Piala AFF 2020.

Artikel Asli