Sesjen MPR: Humas Perlu Ciptakan Informasi Yang Mengedukasi

Nasional | rm.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 10:42
Sesjen MPR: Humas Perlu Ciptakan Informasi Yang Mengedukasi

Sesjen MPR Maruf Cahyono mengungkapkan, Pekan Kehumasan MPR yang digelar di Lobby Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, dari tanggal 8 hingga 11 November 2021, merupakan momentum yang memiliki arti penting bagi Kehumasan MPR.

Hadir dalam puncak acara Pekan Kehumasan, Kepala Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR, Siti Fauziah, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Setjen MPR, Budi Muliawan, erta ratusan peserta yang terdiri dari pecinta buku, wartawan, dan masyarakat lainnya.

Dalam Pekan Kehumasan MPR, selain digelar berbagai pameran, seperti foto, Perpustakaan MPR, dan PPID, juga ada lomba karya tulis, lomba foto, dan launching Buku Digital MPR dan novel yang berjudul Meraih Mimpi.

Maruf Cahyono mengatakan, Pekan Kehumasan MPR merupakan ruang untuk menstimulasi dan melihat kembali tugas-tugas kehumasan.

"Dalam bidang kehumasan banyak stake holder yang terlibat. Salah satu di antaranya jurnalistik atau wartawan. Untuk itulah kegiatan ini diakui dekat dengan bidang jurnalistik," kata Maruf saat memberi kata sambutan pada puncak acara Pekan Kehumasan, Rabu (10/11).

Bicara tentang kehumasan, menurut Maruf, secara langsung atau tidak langsung, akan terkait dengan penyebaran informasi. Diharap kehumasan dalam menyebarkan informasi tak hanya tentang kabar dan berita namun juga mampu mengedukasi. "Pekan Kehumasan diharap tak hanya memberi informasi namun juga diharap mampu memberi edukasi," pintanya.

Untuk itulah, lomba-lomba yang ada menyisipkan pesan dan ajakan untuk meningkatkan literasi. "Harapan saya literasi menjadi stimulan dan edukasi bagi dunia kehumasan. Semua itu penting dilakukan agar kelak bermuara membangun kepercayaan kepada masyarakat," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Maruf Cahyono mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah datang ke acara Pekan Kehumasan MPR. Kedatangan masyarakat di rumah wakil rakyat diharap dimaksimalkan.

Dengan kehadiran mereka ke komplek parlemen ini,diharap memberi kesadaran baru bahwa kerja MPR tidak hanya pada masalah ketatanegaraan namun juga pada masalah-masalah yang lain.

"Datang ke gedung ini merupakan tempat pembelajaran tepat tentang MPR," ujarnya.

Disebutkannya, salah satu tugas MPR adalah merawat nilai-nilai kebangsaan lewat Sosialisasi Empat Pilar yakni Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Maruf Cahyono mengajak kepada semua untuk menjaga pondasi bangsa Indonesia agar tetap kokok berdiri.

"Pondasi bangsa kita adalah Pancasila. Nilai-nilai tersebut perlu diinternalisasikan kepada seluruh elemen masyarakat, dengan berbagai cara," tandasnya. [ TIF ]

Artikel Asli