Raih Piala Citra, ini 7 film yang dibintangi Chicco Kurniawan

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 11 November 2021 - 10:20
Raih Piala Citra, ini 7 film yang dibintangi Chicco Kurniawan

Brilio.net - Chicco Kurniawan terpilih sebagai pemenang pemeran utama pria terbaik di ajang penghargaan bergengsi Piala Citra Festival Film Indonesia 2021. Chicco berperan sebagai Amin dalam film Penyalin Cahaya garapan sutradara Wregas Bhanuteja.

Film Penyalin Cahaya sendiri meraih 12 penghargaan dalam ajang bergengsi yang diadakan pada Rabu (10/11) di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta tersebut. Sebelumnya film ini ditayangkan perdana secara internasional pada Oktober lalu di festival Internasional Busan 2021.

Chicco Kurniawan sebagai aktor sekaligus model ini cukup sering membintangi beberapa film layar lebar Indonesia. Selain membintangi beberapa film pendek, banyak film dengan durasi panjang yang juga diperankan oleh Chicco. Kesuksesannya di bidang seni peran semakin terbukti dengan penghargaan yang diraih.

Mau tahu apa saja daftar film yang pernah dibintangi Chicco Kurniawan? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/11).

1. Dear Nathan (2017).

foto: Imdb

Dear Nathan menjadi film panjang pertama yang dibintangi Chicco Kurniawan dalam kariernya sebagai aktor. Bersama dengan Jefri Nichol dan Amanda Rawles, Chicco Kurniawan berperan sebagai Jaya dalam film drama remaja tersebut.

Dear Nathan bercerita tentang kisah cinta dua orang remaja SMA yang memperjuangkan dan menjalani kisah cinta yang rumit pada masanya. Selain itu, film garapan Erica Febriani ini pernah meraih penghargaan di ajang Piala Maya pada tahun yang sama setelah perilisannya.

2. Stip & Pensil (2017).

foto: Imdb

Selain itu, Chicco juga pernah menjadi pemeran di film Stip & Pensil. Dalam film garapan sutradara terkenal, Joko Anwar, Chicco Kurniawan berperan sebagai Dino. Ia juga berakting bersama aktor lain jebolan stand up comedy academy seperti Ernest Prakasa dan Ardit Erwandha.

Stip & Pensil merupakan film komedi yang bercerita tentang empat orang siswa sekolah menengah yang kaya dan berusaha membuktikan kepada setiap siswa di sekolah bahwa mereka tidak sombong seperti yang banyak dibicarakan.

3. Posesif (2017).

foto: Imdb.

Dalam film Posesif, Chicco Kurniawan berperan sebagai Rino. Bersama dengan Putri Marino dan Adipati Dolken sebagai pemeran utama, Posesif menyoroti kekerasan dalam hubungan asmara remaja SMA. Film drama psikologis ini digarap oleh Edwin dan ditulis oleh penulis skenario terbaik, Gina S. Noer.

Walau pernah menuai kontroversi dalam legalitas filmnya, Posesif beberapa kali memenangkan penghargaan di tiga ajang bergengsi film Indonesia.

4. After Met You (2019).

foto: Imdb

Seakan ingin terus mengasah kemampuan beraktingnya, Chicco Kurniawan kemudian membintangi film After Met You yang rilis pada 2019. Dalam film ini, Chicco berperan sebagai Zakky.

Film After Met You bercerita tentang Ari, yang diperankan oleh Ari Irham, sebagai cowok terkeren dan tertampan di sekolahnya, ditantang oleh gengnya yang bernama The Daks untuk mencari pacar yang justru sudah dipastikan tidak akan tertarik dengannya.

5. Danur 3: Sunyaruri (2019).

foto: Imdb

Pernah menjadi film terlaris pada masanya, Chicco Kurniawan turut andil dengan membintangi film Danur 3: Sunyaruri. Film garapan produser Manoj Punjabi dan Dheeraj Kalwani ini merupakan sekuel dari film Danur dan Danur 2: Maddah yang diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati.

Chicco Kurniawan berperan sebagai Erick dalam film Danur 3, bersama dengan Prilly Latuconsina dan Sandra Michelle. Film Danur 3 sendiri merupakan film hantu yang bercerita tentang lima hantu anak-anak yang kerap disebut dengan Peter cs.

6. Kadet 1947 (2021).

foto: Imdb

Tidak hanya film dengan genre romansa atau horor, Chicco Kurniawan juga dipercaya membintangi film drama heroik. Film yang baru saja rilis pada tahun 2021 ini terinspirasi misi serangan udara pertama Angkatan Udara Republik Indonesia yang dilakukan para kadet (calon penerbang Angkatan Udara) di markas pertahanan Belanda yang berada di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada tanggal 29 Juli 1947.

Dalam film Kadet 1947 ini, Chicco Kurniawan berperan sebagai penembak udara bernama Dul (Dulrachman) yang dimintai bantuan oleh sekelompok kadet dari sekolah penerbangan Angkatan Udara. Film ini digarap oleh sutradara Rahabi Mandra dan Aldo Swastia demi memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia pada tahun 2021. Namun karena pandemi Covid-19 yang sedang melanda, film ini baru akan tayang pada akhir November ini.

7. Penyalin Cahaya (2021) .

foto: Imdb

Penyalin Cahaya menjadi film terbaru yang dibintangi oleh Chicco Kurniawan. Film yang memenangkan banyak penghargaan Piala Citra ini merupakan film drama misteri kriminal yang bercerita tentang seorang mahasiswa tahun pertama yang kehilangan beasiswa dan diusir oleh keluarganya setelah pergi ke sebuah pesta.

Sur ( Shenina Cinnamon ), sebagai pemeran utama, kemudian meminta bantuan kepada Amin (Chicco Kurniawan) untuk menemukan kebenaran tentang foto-fotonya di pesta dengan meretas ponsel seluruh mahasiswa.

Artikel Asli