Declan Rice Absen pada Dua Laga Terakhir Inggris

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 09:37
Declan Rice Absen pada Dua Laga Terakhir Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Gelandang West Ham United Declan Rice dipastikan tidak akan memperkuat timnas Inggris pada dua laga pamungkas penyisihan Grup I Zona Eropa Kualifikasi Piala Dunia 2022. Gelandang berusia 22 tahun itu mundur dari skuad the Three Lions lantaran mengalami masalah kesehatan.

Pelatih Inggris Gareth Southgate tetap menyertakan nama Rice dalam skuad the Three Lions yang akan menghadapi Albania dan San Marino pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Padahal, West Ham United sebelumnya dikabarkan sempat mengungkapkan kondisi Rice yang belum sepenuhnya bugar dan tengah mengalami masalah kesehatan.

Jebolan akademi sepak bola Chelsea itu pun belum bisa bergabung dengan pemusatan latihan timnas Inggris, yang telah dimulai pada awal pekan ini. Akhirnya, Rice dipastikan tidak akan bermain. Rice dikembalikan ke West Ham untuk menjalani perawatan lanjutan. Walau kehilangan Rice, Southgate tidak akan memanggil pemain pengganti.

"Tidak bisa bergabung bersama pemusatan latihan timnas Inggris lantaran mengalami masalah kesehatan, Rice akan dikembalikan ke West Ham United dan tidak akan ambil bagian di dua laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022," tulis pernyataan resmi Federasi Sepak Bola Inggris (FA) dikutip BBC , Rabu (10/11).

Rice menambah panjang daftar penggawa The Three Lions yang harus absen pada dua laga berikutnya. Sebelumnya, the Three Lions sudah ditinggal Marcus Rashford dan James Ward-Prowse. Juga dengan keraguan soal kondisi Luke Shaw dan Mason Mount.

Namun absennya Rice ini memperbesar peluang Emile Smith Rowe untuk melakoni laga debutnya bersama timnas Inggris. Tampil impresif pada awal musim ini, gelandang Arsenal itu akhirnya dipanggil memperkuat Inggris di level senior untuk kali pertama.

The Three Lions tinggal membutuhkan empat angka tambahan untuk bisa memastikan satu tiket di putaran final Piala Dunia 2022. Berada di puncak klasemen sementara Grup I, Inggris unggul tiga poin atas Polandia yang duduk di peringkat kedua. Dalam dua laga pamungkas penyisihan Grup I, Inggris dijadwalkan menerima lawatan Albania di Stadion Wembley, Jumat (12/11) waktu setempat. Kemudian, tiga hari berselang, Harry Kane dan kawan-kawan akan melawat ke kandang San Marino.

Artikel Asli