Kapolri saat Lantik Perwira: Jangan Beri Beban yang Berpotensi Jadi Penyimpangan

Nasional | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 08:30
Kapolri saat Lantik Perwira: Jangan Beri Beban yang Berpotensi Jadi Penyimpangan

LIMAPAGI - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (pati) Polri pada Rabu, 10 November 2021.

Di hadapan perwira yang dilantik, mantan Kapolda Banten ini menegaskan kedepannya tidak ada lagi perbuatan oknum-oknum yang melanggar aturan.

"Potensi penyimpangan harus diperbaiki, apakah pemahamannya yang keliru sehingga harus rubah mindsetnya. Jangan memberikan beban yang berpotensi menjadi penyimpangan," katanya dalam keterangan tertulis dikutip Limapagi.id, Kamis, 11 November 2021.

Sigit juga menyoroti munculnya fenomena pelanggaran oknum anggota kepolisian khususnya di media sosial (medsos) dan viral di masyarakat. Perbuatan segelintir oknum itu, menurut Sigit, berpengaruh pada personel lainnya yang sudah bekerja keras dan baik dalam menjalankan tugas.

"Di sini saya ingatkan bahwa akhir-akhir ini kita menghadapi fenomena dan menjadi keprihatinan kita, muncul banyak viral penyimpangan anggota. Tentunya ini berdampak pada rekan-rekan yang sudah bekerja keras sehingga hasilnya dirasakan masyarakat," ujar Sigit.

Tak hanya itu, Sigit juga menyadari dan menyerap aspirasi masyarakat soal adanya anggapan kepolisian baru bergerak cepat jika diviralkan di medsos. Karenanya, Sigit menekankan, stigma masyarakat tersebut harus dihapuskan.

"Jadi tolong ini diperbaiki. Tak harus viral, tapi masalah bisa cepat diselesaikan. Terjadi kebuntuan komunikasi sehingga masyarakat menyampaikan keluhan dengan menggunakan medsos," tutur Sigit.

Lebih dalam, Sigit memaparkan adanya persepsi tentang polisi antikritik. Ia mengakui bahwa, persoalan tersebut merupakan tantangan yang harus diselesaikan.

"Polisi tidak antikritik. Ini jadi tantangan saya karena kritik penting dan dimanfaatkan. Ada persepsi di masyarakat tentang kita dan kita harus perbaiki," ucap mantan Kabareskrim Polri ini.

  • Berikut daftar pati yang dilantik Sigit:

    Jabatan Kabaintelkam Polri diisi oleh Irjen Pol Ahmad Dofiri yang menggantikan Komjen Pol Paulus Waterpauw yang menjadi Deputi Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).
  • Jabatan Kakorlantas Polri diisi oleh Irjen Pol Firman Shantyabudi menggantikan Irjen Pol Istiono yang kini menjabat sebagai Pati Korlantas Polri dalam rangka pensiun.
  • Jabatan Asisten Kapolri bidang Logistik diisi oleh Irjen Argo Yuwono menggantikan Irjen Firman Shantyabudi.
  • Jabatan Kadiv Humas Polri diisi oleh Irjen Pol Dedi Prasetyo menggantikan Irjen Pol Argo Yuwono.
  • Jabatan Kapolda Jawa Barat yang ditinggalkan Irjen Pol Ahmad Dofiri diisi oleh Irjen Pol Suntana yang sebelumnya menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri.
  • Jabatan Kapolda Sulawesi Selatan diisi Irjen Pol Nana Sudjana. Nana menggantikan Irjen Pol Merdisyam yang kini menjabat sebagai Wakabaintelkam Polri.
  • Jabatan Kapolda Sulawesi Utara diisi oleh Irjen Pol Mulyatno menggantikan Irjen Pol Nana Sudjana yang kini menjadi Kapolda Sulsel
  • Kapolda Kalimantan Tengah diisi oleh Irjen Pol Nanang Avianto menggantikan Irjen Pol Dedi Prasetyo yang mendapat promosi menjadi Kadiv Humas Polri.
  • Kapolda Sulawesi Tengah diisi oleh Irjen Pol Teguh Pristiwanto menggantikan Irjen Pol Yan Indrajaya.
  • Kapolda Bangka Belitung diisi oleh Irjen Pol Yan Indrajaya menggantikan Irjen Pol Anang Syarif.
  • Artikel Asli