Keren! Kemnaker Gondol Predikat Sangat Baik Penerapan Sistem Merit

Nasional | rm.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 09:09
Keren! Kemnaker Gondol Predikat Sangat Baik Penerapan Sistem Merit

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyabet predikat sangat baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam penerapan sistem merit. Kemnaker memperoleh 331 poin dengan keunggulan sempurna pada aspek pengadaan dan penggajian, penghargaan, dan disiplin.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kemnaker, khususnya Biro Organisasi dan SDM Aparatur, atas capaian yang luar biasa ini," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker, Anwar Sanusi, dalam keterangan persnya, Rabu (10/11/2021).

Anwar menyatakan, atas perolehan ini, Kemnaker naik satu peringkat dari tahun sebelumnya yang memperoleh predikat baik. Menurutnya, capaian ini adalah hasil kerja signifikan yang dilakukan jajaran Kemnaker. "Tahun lalu masih predikat baik, dan saat ini sudah mencapai sangat baik. Ini capaian yang luar biasa," ujarnya.

Dia menambahkan, capaian tersebut tidak lepas dari rekomendasi KASN yang telah dieksekusi dengan baik oleh pihaknya. Sebab Kemnaker telah menetapkan Keputuasan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) tentang Pedoman Manajemen Karier PNS.

Hal ini, tambah Anwar, akan membantu jabatan administrator dan jabatan fungsional melakukan transisi fungsionalisasi jabatan, dengan membentuk direktorat pembina jabatan-jabatan fungsi terkait.

"Jadi ada pembekalan dari administrasi jadi fungsional," sebut mantan Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) itu.

Dia berharap, capaian ini memberi motivasi bagi jajarannya untuk terus bekerja lebih baik lagi. Selain itu, sesuai arahan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, pihaknya bertekad untuk terus membenahi dan fokus kepada sistem informasi E-performance.

"Upaya yang kami lakukan dalam mencapai skor penerapan sistem merit, pada dasarnya sebagai alat untuk menjamin tata kelola SDM sesuai sistem merit, berbasis amanat UU 5 Tahun 2014. Award atau apresiasi diakui menjadi sumber semangat dalam meningkatkan kinerja, menata menjadi lebih baik," tutur dia. [ UMM ]

Artikel Asli