Jajang C Noer Raih Penghargaan Seumur Hidup Piala Citra

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 09:00
Jajang C Noer Raih Penghargaan Seumur Hidup Piala Citra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris senior Jajang C Noer menerima Penghargaan Seumur Hidup untuk Film dalam anugerah Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Perempuan bernama asli Lidia Djunita Pamontjak ini dinilai pantas diganjar penghargaan tersebut karena dedikasinya yang luar biasa di perfilman tanah air. Pengumuman tersebut disampaikan oleh aktris Happy Salma.

Untuk dedikasi dan kontribusinya di dunia film, penghargaan ini diberikan kepada perempuan tanggung, pantang menyerah, dan berdedikasi. Saya biasa memanggil dia Jeng Lidia Djunita, menerima penghargaan seumur hidup, kata Happy memanggilnya naik ke podium FFI 2021, Rabu malam (10/11).

Dalam pidato kemenangannya, Jajang mengatakan bahwa penghargaan ini sangat logis diberikan kepada dirinya. Suatu penghargaan yang sangat logis, di tengah bangsa Indonesia yang kadang-kadang tidak logis, seloroh Jajang.

Jajang kemudian mendedikasikan penghargaan ini untuk kedua anaknya yakni Nazyra C Noer dan Marah Laut Noer, yang selalu memberikan dukungan kepada dia. Utamanya, setelah suaminya Arifin C Noer tiada.

Saya juga ingin berterima kasih kepada kepada dua menantunya yang tidak pernah melarang anak-anaknya untuk membahagiakan ibunya, kata Jajang.

Tak lupa, Jajang juga mendedikasikan piala citranya untuk mendiang suaminya Arifin C Noer. Menurutnya, Arifin telah banyak berjasa dan memberikan pembelajaran dari dulu sampai detik ini. Karier Jajang sebagai aktris film yang dimulai sejak tahun 1970 membentang selama enam dekade dengan berbagai prestasi gemilang.

Dari awalnya pencatat skrip dan diikutkan di sejumlah film, ia akhirnya mendapat peran di film Bibir Mer (1992) yang mengantarkannya meraih Piala Citra sebagai Pemeran Pembantu Perempuan Terbaik pada FFI 1992. Ia kembali memenangkan Piala Citra untuk kategori yang sama lewat perannya di film Cinta Tapi Beda (2012) pada FFI 2013. Total tujuh nominasi dan dua penghargaan Festival Film Indonesia telah diraihnya.

Acara malam anugerah FFI 2021 digelar secara terbatas dengan protokol kesehatan di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre, Rabu (10/11) malam. Acara ini juga turut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, dan para sineas Tanah Air.

Artikel Asli