Reshuffle Kian Santer, Hadi Tjahjanto dan Zulhas Berpotensi Geser Menteri Profesional

Nasional | sindonews | Published at Kamis, 11 November 2021 - 08:23
Reshuffle Kian Santer, Hadi Tjahjanto dan Zulhas Berpotensi Geser Menteri Profesional

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang sebentar lagi pensiun dan Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan dikabarkan bakal masuk ke dalam kabinet. Informasinya, Presiden Jokowi bakal merombak alias reshuffle dalam waktu dekat.

Menurut pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio, kabar itu sudah santer dibicarakan sejak beberapa waktu lalu. Jika benar terjadi, sejumlah posisi yang diisi kementerian profesional akan diisi Hadi dan Zulhas .

"Banyak ya kalau Pak Hadi dan Zulhas masuk. Yang pasti yang akan dikorbankan adalah menteri-menteri yang dari profesional," kata pria yang akrab disapa Hensat saat dihubungi, Kamis (11/11/2021).

Menurut Hensat, seandainya Hadi dan Zulhas akan ditempatkan di kementerian yang diisi parpol, dia yakin hal itu sekadar tukar kementerian. "Kalau pun yang diambil posisi dari pos partai politik nanti ya ditukar aja," ujarnya

Ada pun kementerian yang bisa diisi Hadi dan Zulhas, pendiri lembaga riset KedaiKOPI ini menguraikan, kementerian yang diisi kalangan profesional di antaranya, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan beberapa kementerian lainnya.

"Profesional kita lihat sekarang ada UKM Koperasi, Perhubungan, KKP, ESDM, keuangan dan lain-lain. Nah, itu bisa jadi akan menjadi tempatnya Zulhas dan Pak Hadi," ungkap Hensat.

Hensat memiliki firasat, reshuffle kabinet kali ini akan dilakukan di beberapa pos kementerian. Karena itu bukan hanya dua nama yang santer dibicarakan saja yang akan masuk ke kabinet, tapi kemungkinan akan ada nama-nama lainnya yang justru tidak diduga-duga masuk ke kabinet.

"Menurut saya tentu itu akan diikuti oleh beberapa kebijakan-kebijakan lain oleh pak Jokowi, bisa saja bukan hanya dua orang itu yang masuk kabinet, tapi mungkin ada beberapa nama lain yang bisa masuk kabinet yang kita selama ini tidak duga-duga," tandasnya.

Artikel Asli