Shin Incar Pemain Keturunan Indonesia di Luar Negeri

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 08:27
Shin Incar Pemain Keturunan Indonesia di Luar Negeri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan menuju Piala AFF 2020 yang akan digelar pada Desember 2021. Demi mendapatkan hasil maksimal selama kompetisi berlangsung, tim asuhan Shin Tae-yong terus mengasah kemampuan.

Menurut Shin, dalam daftar 26 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan, di antaranya terdapat dua pemain naturalisasi, yaitu bek kelahiran Nigeria Victor Igbonefo dan penyerang kelahiran Belanda, Ezra Walian. Selain itu, ada juga bek berdarah campuran Indonesia-Inggris, Elkan Baggott.

Shin mengakui keinginannya untuk memperkuat skuad Garuda dengan pemain-pemain keturunan Indonesia yang merumput di luar negeri. Ia mengaku telah mengajukan banyak pemain keturunan di luar negeri ke Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk dinaturalisasi, namun belum terealisasi.

Pelatih timnas Korsel di Piala Dunia 2018 Rusia ini mengatakan, keinginannya itu belum terwujud lantaran PSSI belum memprosesnya. Meski demikian, Shin menyebut dirinya terus berkomunikasi dengan PSSI terkait hal tersebut. Satu hal yang pasti, pemain yang diincar adalah yang memiliki ikatan darah dengan orang Indonesia.

"Statusnya bukan naturalisasi karena memiliki darah Indonesia. Pemain seperti itu pasti bisa memperkuat tim nasional. Namun kami harus berbicara dahulu dengan PSSI," jelas Shin.

Dalam kesempatan yang sama, Shin Tae-yong menanggapi kabar soal keinginan pesepak bola berpaspor Spanyol, Jordi Amat, untuk membela timnas Indonesia. Jordi, yang berposisi bek tengah dan kini memperkuat klub Belgia, KAS Eupen, mengeklaim bahwa dirinya berdarah Indonesia, tepatnya Sulawesi Utara, dari orang tua ibunya. "Untuk Jordi ini, saya baru pertama kali mendengarnya," ujarnya.

Di sisi lain, Shin memastikan Egy Maulana Vikri dan Elkan Baggott, yang masing-masing bermain untuk FK Senica di Slowakia dan Ipswich Town di Inggris, bisa bermain dalam Piala AFF 2020. Pasalnya, meski tidak berlangsung selama FIFA Matchday, Piala AFF sudah diakui oleh FIFA sebagai turnamen berkategori A sejak 2016. "Jadi Elkan dan Egy sudah mendapatkan izin (dari klub) untuk bermain dalam Piala AFF."

Artikel Asli