Timnas Masuk Grup Berat Piala AFF, Shin Tetap Bidik Juara

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 08:40
Timnas Masuk Grup Berat Piala AFF, Shin Tetap Bidik Juara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia terus mematangkan persiapan menuju Piala AFF 2020 yang akan digelar pada Desember 2021. Indonesia yang tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos akan menjalani laga perdananya pada 9 Desember 2021 melawan Kamboja.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengakui persaingan di Grup B lebih berat dari pada Grup A. Pasalnya, dalam catatannya, Vietnam adalah juara Piala AFF 2008 dan 2018. Sementara Malaysia adalah juara di edisi 2010. Adapun Grup A dihuni Thailand, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

"Kalau dilihat, grup Indonesia lebih susah dari Grup A," kata Shin usai memimpin latihan, Rabu (10/11).

Kendati demikian, Shin optimistis dengan kemampuan yang dimiliki oleh skuad Garuda. Ia menilai, kondisi dan performa para pemainnya kian membaik.

Shin bahkan tidak segan untuk menargetkan gelar juara di edisi kali ini. "Memang bisa juga kami nggak juara, tetapi target selalu untuk juara," tegasnya.

Demi mendapatkan hasil maksimal selama kompetisi berlangsung, tim asuhan Shin terus mengasah kemampuan. Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu telah memanggil 26 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan Turki mulai Selasa (9/11) hingga akhir November 2021.

Selama di Turki, timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi dua laga uji coba melawan Afghanistan dan Myanmar. Laga tim Merah Putih kontra Afghanistan akan digelar pada 16 November 2021 di Turki dengan status pertandingan FIFA Matchday, sedangkan laga kontra Myanmar pada 25 November tak masuk FIFA Matchday.

Artikel Asli