Tren Kasus Covid-19 di Pulau Jawa Naik, Pemda Harus Lebih Sigap

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 08:11
Tren Kasus Covid-19 di Pulau Jawa Naik, Pemda Harus Lebih Sigap

JawaPos.com Satgas Covid-19 mencatat adanya kenaikan kasus Covid-19 di 5 provinsi di Indonesia. Melihat hasil analisis minggu ini, menyatakan terdapat beberapa kabupaten/kota mengalami tren kenaikan yang semuanya berasal dari Pulau Jawa.

Yakni di Provinsi Banten terdapat 2 dari 8 kabupaten kota atau 25 persen yaitu Lebak dan Kota Tangerang. Di DKI Jakarta, terdapat 3 dari 6 dari kabupaten kota atau 50 persen yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Sedangkan di Provinsi Jawa Barat terdapat 7 dari 27 kabupaten kota atau 26 persen yaitu Sukabumi, Cirebon, Sumedang, Bekasi, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Depok. Di Jogjakarta terdapat 2 dari 5 kabupaten kota atau 40 persen yaitu Kulonprogo dan Bantul.

Sementara di Jawa Tengah terdapat 10 dari 35 kabupaten kota atau 28,6 persen yaitu Banjarnegara, Boyolali, Grobogan, Temanggung, Tegal, Wonosobo, Karanganyar, Blora, Kendal dan Kota Surakarta. Lalu, di Jawa Timur terdapat 8 dari 38 kabupaten kota atau 21,05 persen yaitu Pacitan, Banyuwangi, Madiun Bojonegoro, Trenggalek, Mojokerto, Ngawi, dan Pamekasan.

Dari persebaran tersebut maka terlihat bahwa penyumbang terbesar kabupaten kota yang meningkat berasal dari Jawa Tengah yaitu memiliki 10 kabupaten kota yang mengalami tren kenaikan kasus. Dimohon kepada seluruh bupati dan walikota dari kabupaten kota ini untuk terus membaca dan menganalisis data.

Kepada Gubernur dari kelima provinsi ini mohon diingat bahwa provinsi-provinsi ini menjadi penyumbang terbanyak kasus aktif di tingkat nasional, kata Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Prof Wiku Adisasmito secara virtual, Rabu (10/11).

Ia meminta gubernur segera berkoordinasi dengan bupati dan wali kota yang menjadi penyumbang angka tertinggi. Karena, apabila ketiga indikator tersebut diantaranya kasus positif, meninggal dan kasus aktif ini dapat segera diturunkan, maka perkembangan kasus Covid-19 tingkat nasional akan membaik.

Dan kita akan semakin siap menuju endemi Covid-19, kata Prof Wiku

Apabila kabupaten kota menunjukkan peningkatan, maka hal ini perlu diantisipasi terlebih kita akan segera memasuki periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), tutup Prof Wiku.

Artikel Asli