Alhamdulillah, Menko Luhut Sampaikan Kabar Gembira kepada Presiden Jokowi

Nasional | wartaekonomi | Published at Kamis, 11 November 2021 - 07:52
Alhamdulillah, Menko Luhut Sampaikan Kabar Gembira kepada Presiden Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih terkendali.

Luhut menjelaskan kasus konfirmasi Covid-19 masih dalam kondisi rendah. Jumlah kasus di Jawa dan Bali mengalami penurunan hingga 99 persen dari puncaknya kasus pada 15 Juli 2021 lalu. Ia menjelaskan terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia diindikasikan oleh angka reproduksi efektif (Rt) yang berada di bawah satu.

"Rt di Jawa tetap pada angka 0,93, sementara di Bali pada angka 0,97," kata Luhut, beberapa waktu lalu.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali itu juga mengungkapkan tingkat kematian di Indonesia juga sudah menurun. Dengan begitu, lanjut Luhut, jumlah pemakaman saat ini sudah sama dengan jumlah sebelum pandemi Covid-19.

"Jadi, sebenarnya kalau kita lihat dari semua sisi, rumah sakit, juga tempat pemakaman, semua menunjukkan angka yang bagus," ujar dia.

Meski begitu, Luhut Binsar menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo untuk tetap waspada dengan terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

"Dalam ratas yang dipimpin presiden, beliau menyampaikan bahwa kita harus berhati-hati dan belajar dari pengalaman negara-negara di Eropa yang mengalami lonjakan kasus harian cukup besar akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan," ucap Luhut.

Artikel Asli