Jadi geng penjahat super di Marvel, 7 fakta menarik Thunderbolts

Nasional | brilio.net | Published at Kamis, 11 November 2021 - 07:02
Jadi geng penjahat super di Marvel, 7 fakta menarik Thunderbolts

Brilio.net - Thunderbolts merupakan tim penjahat super pertama yang pernah muncul dalam Marvel Comics dan kini hendak dihadirkan pula di Marvel Cinematic Universe (MCU). Hal ini membuat beberapa prediksi, bahkan spekulasi, bagaimana kemunculan Thunderbolt sudah dimulai secara perlahan di film MCU yang sudah dirilis.

Thunderbolts adalah tim yang direformasi dari penjahat super. Namun, tim yang awalnya disusun Baron Helmut Zemo dengan identitas Citizen V, merupakan kedok untuk mencuri sumber daya kota dan menempatkan diri mereka pada posisi yang dipercaya publik dengan meyakinkan pihak berwenang bahwa mereka adalah pahlawan. Walaupun begitu, lambat laun identitas mereka pun terkuak.

Walaupun dibentuk oleh Baron Zemo, Thunderbolt menjadi salah satu tim penjahat super dengan kepemimpinan yang tidak stabil. Dalam beberapa waktu, pemimpin tim ini sering berganti dan bahkan beberapa anggota Avengers pernah menjadi pimpinan Thunderbolt. Namun, saat Norman Osborn berhasil mengambil alih kelompok ini, ia kemudian memasukkan berapa penjahat super paling berbahaya di MCU sekaligus menandakan era baru bagi Thunderbolt.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/11), berikut 7 fakta menarik Thunderbolts, geng penjahat super di Marvel.

1. Didirikan Baron Zemo.

foto: comicbook.com

Kemunculan Thunderbolts digambarkan sejak 'Captain America: Civil War' yang dibentuk oleh Baron Helmut Zemo. Saat itu, rencana awal Zemo adalah menghidupkan kembali Masters of Evil, geng penjahat super yang pernah dibentuk oleh ayahnya Baron Heinrich Zemo, bersama mantan anggota seperti Beetle, Fixer, dan Screaming Mimi dan antek Zemo sendiri, Erik Josten.

Mereka seolah tampil sebagai superhero seperti Avengers, tetapi hal itu tak juga berhasil menarik simpati banyak orang untuk percaya. Karena, Zemo akhirnya menjadikan Thunderbolts sebagai salah satu kelompok penjahat super dan mereka tak lagi berniat menjadi seperti superhero layaknya Avengers.

2. Anggota Avengers pernah memimpin Thunderbolts.

foto: YouTube/Screen Culture

Kepemimpinan Baron Zemo di Thunderbolts lebih sering tidak stabil dan menyebabkan dirinya tersingkir dari kelompok tersebut. Thunderbolts pernah dipimpin oleh penjahat super lain seperti Beetle dan Norman Osborn.

Selain itu, beberapa anggota Avengers seperti Black Widow, Winter Soldier, dan Hawkeye pernah menjadi pemimpin kelompok penjahat super ini saat medan perang. Namun, di film-film MCU yang sudah rilis, belum ada tanda bahwa mereka akan berubah haluan.

3. John Walker pernah menjadi sekutu Thunderbolts.

foto: marvel.fandom.com

Jonathan F "John" Walker mantan Kapten Resimen Ranger ke-75 Angkatan Darat AS. Ia merupakan seorang prajurit yang sangat dihormati dan Walker dipilih untuk menggantikan Steve Rogers sebagai Captain America kedua.

Dalam suatu waktu, karakter yang juga disebut sebagai US Agent ini, pernah menjadi sekutu bagi Thunderbolts. Hal ini barangkali menjadi salah satu langkah taktis dan bukan sebagai suatu yang strategis. Apalagi ketika mereka harus menghadapi Secret Invasion.

4. Thunderbolts melawan Skrulls selama Secret Invasion.

foto: marvel.fandom.com

Skrulls adalah ras berteknologi maju dari humanoid reptil, dari planet hancur Skrullos. Mereka terkenal karena kemampuan mengubah bentuk yang memungkinkan untuk mereplikasi bentuk kehidupan lain dengan mulus, dan menyusup ke planet tanpa kecurigaan.

Karena itu, ia menjadi salah satu penjahat super berbahaya. Saat Secret Invasion, Thunderbolts yang dipimpin oleh Norman Osborn melawan Skrulls saat berada di Washington DC.

5. Thunderbolt Ross memulai Thunderboltnya sendiri

foto: marvel.fandom.com

Setelah Perang Phoenix, yang membuat Avengers melawan X-Men, Jenderal Thaddeus "Thunderbolt" Ross, diperankan oleh William Hurt di MCU, memutuskan untuk membuat tim antiheronya dengan namanya sendiri. Red-Hulk yang saat itu menjadi Thunderbolt Ross memimpin Venom, Elektra, Deadpool, Ghost Rider, Mercy, Punisher, dan Red Leader dalam serangkaian misi yang melibatkan perbuatan buruk demi kebaikan.

6. Para anggota Thunderbolt baru.

foto: marvel.fandom.com

Ketidakmampuan Baron Zemo akhirnya melahirkan kudeta atas kepemimpinannya. Norman Osborn kemudian mengambil alih kelompok ini dan mengajak beberapa penjahat super lainnya untuk bergabung. Bersama Moonstone sebagai wakil ketua kelompok ini, Osborn berhasil mengajak penjahat super yang dikenal tangguh seperti Bullseye, Penance, Radioactive Man, Songbird, Swordsman, dan juga Venom.

7. Thunderbolt di MCU.

foto: YouTube/MultiverseMedia

Nama tim Thunderbolts kembali dibahas oleh penggemar MCU dan menimbulkan beberapa spekulasi. Sebab, beberapa tanda-tanda menunjukkan bahwa tim super ini sedang dibentuk di MCU.

Kecurigaan ini pertama kali muncul saat karakter Valentina Allegra de Fontaine alias Val (Julia Louis-Dreyfus) mulai merekrut karakter-karakter penting di MCU. Val pertama kali merekrut John Walker alias US Agent (Wyatt Russell) di akhir serial The Falcon and the Winter Soldier (2021), kemudian setelah itu juga diperlihatkan telah bekerja sama dengan Yelena Belova (Florence Pugh) di credit scene Black Widow (2021).

Artikel Asli