Pahlawan TRIP, Ismanu, Mendapat Kado Lukisan dari Srikandi Demokrat

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 07:06
Pahlawan TRIP, Ismanu, Mendapat Kado Lukisan dari Srikandi Demokrat

JawaPos.com Dengan suara bergetar, Ismanu Djoyo Soemarto yang disambangi Srikandi Demokrat (Herlina Harsono dan Ratih Retnowati) berucap Merdeka ! Ismanu adalah salah seorang Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) dalam pertempuran 10 November 1945.

Di kediamannya, di kawasan Wonocolo, Ismanu bercerita singkat bagaimana perjuangannya pada 76 tahun lalu. Pria yang berusia 94 tahun itu mendapatkan hadiah lukisan dari dua Srikandi Demokrat. Kedua matanya memandangi lukisan yang bergambar wajahnya lalu tersenyum tipis.

Semoga suka ya, Kung , kata Herlina sambil menyerahkan lukisan kepada Ismanu.

Herlina menyebutkan, informasi yang didapatkan, Ismanu menjadi salah satu pahlawan TRIP yang tersisa. Dia menyatakan, jasa-jasa para pahlawan sangat penting untuk diingat dan harus diaplikasikan. Cerita saat berjuang, lanjut dia, bisa menjadi nilai yang berarti.

Sementara itu, Ratih menuturkan, pemberian lukisan mungkin terlihat kecil. Namun, perhatian-perhatian kecil bisa menjadi penyemangat para pahlawan.

Mereka sangat berarti buat bangsa ini. Saya tadi sempat berkaca-kaca ketika ngobrol dengan Pak Ismanu, tutur Ratih.

Winta, anak ketiga dari Ismanu, mengungkapkan, saat usia Ismanu masuk fase senja, waktunya banyak dihabiskan untuk beristirahat. Ketika ada cucu datang, Ismanu paling gemar bercerita tentang perjuangannya dulu. Bapak juga suka wayang. Semua nama tokoh hafal banget, ucap Winta.

Ada salah satu cerita Ismanu yang tidak terlupakan Winta. Dulu, ketika Ismanu bersembunyi dari penjajah tiba-tiba ada ular melintas di tangan ayahnya itu. Ismanu hanya berdoa, jangan meninggal karena digigit ular. Sebab, dia tak ingin perjuangannya mempertahankan kemerdekaan sia-sia.

Artikel Asli