Sepekan Nihil Positif Covid-19, Berbulan-bulan Insentif Nakes HST Belum Cair

Nasional | apahabar.com | Published at Kamis, 11 November 2021 - 06:38
Sepekan Nihil Positif Covid-19, Berbulan-bulan Insentif Nakes HST Belum Cair

apahabar.com, BARABAI Sepekan ini Hulu Sungai Tengah (HST) nihil kasus positif Covid-19. Namun, sayang insentif tenaga kesehatan (Nakes) sudah berbulan-bulan belum cair.

Padahal dana insentif nakes ini sudah ada. Sumbernya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sumber apahabar.com menyebut, insentif untuk nakes yang menangani Covid-19 di HST belum dibayar, terhitung dari Juli 2021 hingga November ini. Alasannya, masih validasi data.

Menanggapi hal itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) HST, H Mursalin mengatakan besaran dana insentif untuk nakes yang bersumber dari APBD, Rp 10 miliar. Sedangkan dari APBN sebanyak Rp 7 miliar.

Dia menyebut pencairan dana Januari 2021 hingga Juli tadi sumbernya dari APBN. Sementara Juli hingga kini dari APBD.

Keduanya belum dicairkan dan masih proses, kata Mursalin.

Pencairan intensif nakes ini dilakukan secara kolektif. Meski dana intensif untuk nakes itu sudah ada namun masih terkendala administrasi.

Satu nakes di puskesmas saja administrasi-nya belum selesai, maka semuanya tak bisa dicairkan, terang Mursalin

Kendalanya yang bersumber dari ABPD, belum dikeluarkannya Peraturan Bupati (Perbup) tentang penyaluran dana insentif nakes.

Sedangkan yang bersumber dari APBN, masih ada entry data dan laporan kerja secara online yang belum diselesaikan oleh nakes.

Di HST ada 19 Puskesmas, 58 nakes yang ditunjuk sebagai Petugas Survailans. Kemudian, 58 nakes itu membentuk tim penanganan pasien Covid-19 di tiap-tiap Puskesmas, katanya.

Masalah administrasi tersebut, ujar Mursalin, terus diupayakan secepatnya selesai.

Semoga minggu ini dananya sudah dapat dicairkan. Target kita Desember sudah tersalurkan ke rekening masing-masing nakes, tutup Mursalin.

apahabar.com

FOTO: Data Covid-19 yang dirilis Diskominfo HST per 10 November.Foto: Diskominfo HST.

Terlepas dari itu, sudah sepekan kasus orang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak ada alias nihil di Bumi Murakata. Hal itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) yang diris Diskominfo HST.

Data yang dihimpun apahabar.com, mulai 4 hingga 10 November 2021, orang dalam perawatan dan suspek Covid-19 tidak ada.

Secara kumulatif, orang terkonfirmasi Covid-19 di HST berjumlah 3.171. Dari jumlah itu, orang yang berhasil sembuh sebanyak 3.009.

Sementara yang dinyatakan meninggal dengan kasus positif Covid-19 sebanyak 162 orang.

Artikel Asli