Pemkot Bandung Hadirkan 500 Titik Wifi Gratis untuk Warga

Nasional | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 06:00
Pemkot Bandung Hadirkan 500 Titik Wifi Gratis untuk Warga

JawaPos.com Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatikamenambah titik internet atau wifi gratis bagi masyarakat. Wifi gratis itu tersebar di 500 titik.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan, tambahan wifi gratis itu berlokasi di berbagai fasilitas umum. Seperti balai RW, masjid, dan taman.

Hadirnya internet gratis di tengah masyarakat ini merupakan hasil kolaborasi antara Pemkot Bandung dengan sebuah perusahaan layanan internet. Mereka bantu kita memberikan bantuan wifi 500 titik. Mudah-mudahan kerja sama ini memberikan manfaat bagi Kota Bandung, kata Oded seperti dilansir dari Antara di Bandung.

Oded berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan perluasan titik wifi gratis untuk pengembangan sektor ekonomi ataupun sosial. Sehingga, dapat berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung Yayan A. Brilyana mengatakan, dalam beberapa tahun ini, penambahan internet gratis totalnya mencapai 1.000 titik. Semua bersumber dari APBD dan CSR.

Kalau titik wifi masyarakat umum pada tahun kemarin dengan APBD itu di 500 titik yang aktif. Sebagian CSR, karena APBD hanya menjangkau 300 titik. Sekarang ini ditambah 500 titik baru, terang Yayan.

Di tengah keterbatasan anggaran tersebut, Yayan memastikan Pemkot Bandung terus berkoordinasi dengan perusahaan penyedia jasa layanan internet. Mereka diharapkan bisa memberikan CSR wifi gratis bagi warga Kota Bandung.

Saya berharap semua pengusaha internet di Kota Bandung. Tolong bantu karena dari 2,5 juta penduduk Kota Bandung itu, 2,1 jutanya pengguna internet. Semua sektor baik pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya, papar Yayan.

Artikel Asli