Abu Dhabi Dinobatkan sebagai Kota Musik oleh UNESCO

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 05:55
Abu Dhabi Dinobatkan sebagai Kota Musik oleh UNESCO

IHRAM.CO.ID, ABU DHABI -- Abu Dhabi di Uni Emirat Arab (UEA) secara resmi dinobatkan sebagai 'Kota Musik' oleh Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Emirat itu kini berdampingan bersama Liverpool di Inggris, Auckland di Selandia Baru, Sevilla di Spanyol dan Chennai di India sebagai titik utama untuk kreativitas musik sebagai pendorong rencana pembangunan berkelanjutan.

Penobatan sebagai kota musik ini diumumkan pekan ini oleh inisiatif dari Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). Inisiatif tersebut diluncurkan pada 2004 untuk mempromosikan kerja sama antar kota dan mengakui kreativitas sebagai faktor utama dalam rencana pembangunan kota berkelanjutan.

Menteri Kebudayaan dan Pemuda UEA, Noura binti Mohammed Al Kaabi, mengatakan bahwa memenangkan gelar itu bagi Abu Dhabi memperkuat keberhasilan fokus mereka dalam mengembangkan industri budaya dan kreatif, dan menjadikan UEA sebagai salah satu pusat kreativitas regional terkemuka.

"Kami bangga Abu Dhabi bergabung dengan Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Kami memiliki tiga kota kreatif yang berbeda di UEA, yang berkontribusi untuk memperkuat posisi negara di peta budaya dan kreativitas global. Musik merupakan bagian integral dari warisan Emirat," kata Al Kaabi, dilansir di Khaleej Times, Rabu (10/11).

Tradisi musik Emirat telah berkembang di berbagai bagian UEA, bersama dengan puisi liris. Tradisi musik ini menceritakan kisah kebanggaan Emirat, dan apresiasi mendalam yang dimiliki warga Emirat atas identitas budaya dan tanah mereka.

"Dari pertunjukan puisi tradisional dan instrumen kuno hingga panggung musik modern kami, Abu Dhabi memiliki warisan musik yang unik," kata Ketua DCT Abu Dhabi, Mohamed Khalifa Al Mubarak.

Pembawa obor dari kancah musik Abu Dhabi termasuk Bait Al Oud, akademi lokal yang memainkan peran penting dalam mendokumentasikan dan mempromosikan warisan musik Arab, dan Abu Dhabi Classics, rangkaian konser tahunan yang memberikan penghormatan kepada musik klasik.


Artikel Asli