Gedung DMI Untuk Memakmurkan Masjid

Nasional | republika | Published at Kamis, 11 November 2021 - 05:46
Gedung DMI Untuk Memakmurkan Masjid

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Gedung Dewan Masjid Indonesia (DMI) kini telah berdiri di Jalan Matraman Raya Nomor 39, Jakarta Timur. Ketua Umum DMI, Jusuf Kalla (JK) bersyukur saat ini DMI telah memiliki gedung untuk menjadi tempat bekerja para pengurus DMI yang akan memakmurkan masjid di seluruh Indonesia.

"Syukur Alhamdulillah akhirnya kita dapat mempunyai kantor tetap setelah empat kali pindah kos. Jadi kita kaya mahasiswa (pindah-pindah kos) sekarang sudah punya pekerjaan tetap sudah punya rumah, dulu pindah lagi pindah lagi," kata JK saat pidato dalam acara Tasyakuran Gedung DMI, Rabu (10/11).

JK mengatakan, pertanyaan pengurus DMI waktu itu adalah, mengapa bisa membuat masjid di berbagai daerah di seluruh Indonesia, tapi kantor DMI belum ada. Karena itulah pengurus DMI bertekad harus punya kantor yang refresentatif. Supaya pengurus DMI dapat bekerja dengan baik untuk memakmurkan dan dimakmurkan oleh masjid.

JK menegaskan, pedoman DMI adalah memakmurkan dan dimakmurkan masjid. Jadi bukan hanya memakmurkan masjid tapi masjid juga harus memakmurkan masyarakatnya atau jamaahnya. JK mengaku, kalau bekerja di DMI namanya habluminallah, kalau bekerja di PMI namanya habluminannas. Tapi bekerja di DMI juga harus habluminallah dan habluminannas. Artinya, masjid-masjid juga harus mengayomi masyarakat baik dari segi sosial, ekonomi, politik dan yang lainnya.

"Karena kalau zaman dahulu, zaman Rasulullah, semua dilakukan di masjid, di antaranya pendidikan, kesehatan, strategi perang, dan lain sebagainya," ujarnya.

JK mengatakan, sekarang tidak semua hal dilakukan di masjid, karena sudah ada pengadilan, sekolah dan lain sebagainya. Justru sekarang seharusnya mencari cara bagaimana agar masjid memakmurkan masyarakat di sekitarnya.

Ia mengungkapkan, umat Islam di Indonesia bisa melaksanakan berbagai hal dengan baik. Namun satu hal yang belum bisa dilaksanakan dengan baik, yakni dalam hal ekonomi. Karena itu, DMI harus mendorong bidang ekonomi ini.


Artikel Asli