Loading...
Loading…
Dosen UGM Raih Penghargaan dari KLHK

Dosen UGM Raih Penghargaan dari KLHK

Nasional | radarjogja | Rabu, 10 November 2021 - 12:27

RADAR JOGJA Dosen Fakultas Biologi UGM, Donan Satria Yudha menerima penghargaan dari Direktorat Djendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KSDAE KLHK). Donan dianggap berkontribusi dalam mengidentifikasi satwa liar vertebrata. Tak hanya itu, ia dinilai aktif melakukan berbagai kegiatan di bidang konservasi sejak 2017 silam.

Penghargaan berupa piagam diberikan Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jogjakarta, Wahyudi saat berkunjung ke Laboratorium Sistematika Hewan Fakultas Biologi UGM, Rabu (3/11). Selain piagam, Donan juga menerima SK Dirjen KSDAE tentang Penetapan Pemberian Penghargaan pada Peringatan Hari Internasional untuk Keanekaragaman Hayati (International Day for Biological Diversity) 2021.

Dalam SK tersebut, ditetapkan bahwa penerima penghargaan lingkup Provinsi DIJ atas peran serta dan kontribusinya kepada penegakan hukum terhadap peredaran satwa liar illegal. Baik konvensional maupun online, penelitian satwa liar, pelestarian satwa, penyelamat satwa dan penangkar.

Donan mengungkapkan rasa senang dan bangga atas penghargaan yang diterimanya. Menurutnya, penghargaan yang diterima menjadi bukti bahwa keilmuan dan kompetensi dosen-dosen di Fakultas Biologi UGM diakui. Selain itu juga menunjukkan peranan yang nyata dalam bidang pelestarian lingkungan, tumbuhan dan satwa liar.

Hasil kegiatan dosen-dosen di Faultas Biologi dalam membantu BKSDA Jogjakarta selama ini membuahkan hasil yang baik. Kami telah membantu. Kami telah mengidentifikasi satwa liar dan pelestarian satwa liar dilindungi sejak 2012, tuturnya.

Sementara Wahyudi berharap dengan penghargaan yang diberikan dapat mendorong dosen lain di Fakultas Biologi UGM untuk lebih bersemangat membantu BKSDA Jogjakarta. Ia mengungkapkan pihaknya membutuhkan bantuan dalam upaya identifikasi dan inventarisasi tumbuhan dan satwa liar. Terutama jenis yang langka, endemik dan dilindungi Undang-undang, serta keterlibatan aktif dalam pelestarian lingkungan. (bah)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{