Angkut Logistik WSBK, Pesawat Boeing 777 Milik Qatar Airways Mendarat Mulus di BIZAM

Nasional | suarantb | Published at Selasa, 09 November 2021 - 03:26
Angkut Logistik WSBK, Pesawat Boeing 777 Milik Qatar Airways Mendarat Mulus di BIZAM

Praya (Suara NTB) -Uji coba landasan pacu atau runway Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) yang baru selesai dibangun sepanjang 3.300 meter, Senin tengah malam berjalan sukses. Ditandai dengan mendaratnya pesawat miliki Qatar Airways jenis Boeing 777 Freighter, sekitar pukul 23.01 Wita. Pesawat kargo yang membawa logistik pendukung event World Superbike (WSBK) tersebut merupakan jenis Boeing 777 pertama yang mendarat di BIZAM.
Momen tersebut menjadi momen bersejarah tersendiri bagi BIZAM setelah sekitar 10 tahun mulai beroperasi sejak tahun 2011 lalu. Alhamdulillah, salah satu pesawat terbesar di dunia Boeing 777 Freighter telah berhasil mendarat dengan mulus, sebut General Manager (GM). PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Nugroho Jati, Selasa pagi, 9 November 2021.

Sebelumnya BIZAM hanya memiliki runway sepanjang 2.750 meter. Namun setelah dilakukan perpanjangan, panjang runway BIZAM kini menjadi 3.300 meter. Sehingga sudah bisa didarati pesawat berbadan lebar tipe Boeing 777. Dan, itu sudah dibuktikan dengan pendaratan pertama pesawat milik Qatar Airways yang membawa logistik pertama event pendukung WSBK tersebut.
Pesawat sendiiri membawa muatan kargo sebanyak 217 koli. Dengan berat mencapai 68.022 kilogram atau sekitar 68 ton. Berangkat dari Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar. Kemudian menurunkan semua muatan dan langsung terbang kembali menuju Hongkong, dua jam kemudian.
Siang ini akan tiba lagi satu pesawat kargo Boeing 777 Freighter Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8872. Juga berangkat dari Doha, Qatar, terang Jati.

Menjelang perhelatan WSBK yang bakal di Pertamina Mandalika International Street Circuit, BIZAM terus berbenah. Beberapa proyek pembangunan pun dilaksanakan untuk mendukung event internasional tersebut. Mulai dari perluasan apron bandara dari 108.100 meter persegi menjadi 136.300 meter persegi. Sehingga mampu menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body, sekaligus.

Kemudian dari sisi fasilitas kargo, dilakukan pengembangan berupa pembangunan akses jalan sepanjang 1.500 meter dan pembangunan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi yang dapat menampung sebanyak 40 truk kargo untuk mendukung arus logistik. Sebelumnya kita juga sudah merampungkan proyek perluasan terminal penumpang. Dengan daya tampung penumpang kini mencapai 7 juta penumpang per tahun. Sebelumnya hanya berkapasitas 3,5 juta penumpang per tahun, tandasnya. (kir)

Artikel Angkut Logistik WSBK, Pesawat Boeing 777 Milik Qatar Airways Mendarat Mulus di BIZAM pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Artikel Asli