Loading...
Loading…
Jenderal Andika Perkasa Janji Kuatkan Kerja Intelijen di Daerah Konflik

Jenderal Andika Perkasa Janji Kuatkan Kerja Intelijen di Daerah Konflik

Nasional | limapagi.id | Sabtu, 06 November 2021 - 15:30

LIMAPAGI - Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan akan berfokus menguatkan kerja intelijen di daerah-daerah konflik atau daerah dengan gangguan keamanan.

Hal tersebut disampaikan Andika saat menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan alias fit and proper test di hadapan Komisi I DPR RI, Sabtu, 6 November 2021.

"Untuk intelijen khususnya di daerah-daerah yang ada gangguan keamanan maupun konflik, apakah horizontal,apakah vertikal sesuatu yang menurut kami perlu mendapatkan prioritas pada era ke depan," kata Andika.

Selain menguatkan kerja intelijen di daerah konflik, TNI juga akan berfokus dalam memperkuat pengamanan di wilayah-wilayah perbatasan.

"Sudah diatur dan sudah keluar peraturan Kemenhan-nya pun bahwa operasi pengamanan perbatasan sesuatu yang harus jadi fokus dalam hal peningkatan," katanya.

Terkait detail peningkatan pengamanan perbatasan yang dimaksud, Kepala Staf Angkatan Darat ini mengatakan bakal menjelaskannya secara tertutup kepada DPR.

Selanjutnya, di bawah Komandonya nanti, ia akan melakukan peningkatan kesiapsiagaan satuan TNI kedepannya.

"Ini fokus karena sebetulnya banyak yang bisa kita lakukan untuk membuat kita jauh lebih siap baik menghadapi tugas-tugas operasi militer untuk perang dan selain perang," ujarnya.

Tak hanya itu, Andika juga ingin berfokus pada interoperabilitas kekuatan matra TNI AD, AL, dan AU. Menurutnya, interoperabilitas harus terus menerus dan disatukan.

"Sehingga semakin tahu kekurangan dan kelemahan kita dan bagaimana di dalam kondisi yang belum terpenuhi ini bisa melakukan operasi bersama dengan 3 angkatan karena itu suatu kebutuhan yang nggak bisa dihindari saat ini," ujarnya.

Original Source

Topik Menarik