Loading...
Loading…
Andika: Harapan Saya, TNI Nggak Ngambil Sektor Kementerian/Lembaga Lain

Andika: Harapan Saya, TNI Nggak Ngambil Sektor Kementerian/Lembaga Lain

Nasional | rm.id | Sabtu, 06 November 2021 - 14:04

Masifnya perekrutan perwira TNI sebagai pejabat struktural di sejumlah kementerian atau lembaga dikomentari calon Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Dia ingin, militer menjalankan tugas sesuai amanat undang-undang TNI.

Hal itu disampaikan Andika saat melakukan fit and proper test (FPT) di hadapan Komisi I DPR, Sabtu (6/11).

"Tugas yang kami laksanakan selama ini sudah diatur UU. Misal detail implementasinya banyak kelemahan, itu yang menjadi prioritas utama saya," kata Andika.

Dia bertekad menyudahi peran militer yang mengambil tugas lembaga atau kementerian lain.

"Bagaimana mengembalikan tugas, yang kita lakukan ini dengan benar-benar berpegang peraturan perundangan. Jangan kelebihan. Harapan saya, TNI tidakmengambil sektor kementerian atau lembaga lain," ujar mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) itu.

Selain berkeinginan agar TNI menjalankan tugas sesuai UU, dia juga menyorot sejumlah hal. Seperti operasi perbatasan, siber, peningkatan peran intelijen, hingga diplomasi militer.

Dia mendesak agar matra TNI kini bisa lebih serius dengan siber.

Menurutnya, dunia siber adalah suatu keniscayaan yangharus dipelajari. Di samping itu, mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AD ini juga ingin agar kesatuan antar-matra TNI selalu ditingkatkan. Agar saling mengetahui kelebihan maupun kekurangan satu sama lain.

"Kesatuan antar-matra, apalagi dalam operasi bersama adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari," beber dia.

Fenomena penempatan perwira TNIdi sejumlah institusi, bukan barang baru.Masyarakat sipil mengkritisinya sebagai kembalinya militer ke ranah sipil seperti era orde baru. [UMM]

Original Source

Topik Menarik