Loading...
Loading…
Sosialisasi Pelaksanaan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Kota Jogja

Sosialisasi Pelaksanaan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Kota Jogja

Nasional | radarjogja | Kamis, 04 November 2021 - 15:22

RADAR JOGJA Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi memimpin sosialisasi pelaksanaan penilaian mandiri maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) Kota Jogja. Sosialisasi ini bertujuan memahamkan konsep baru SPIP kepada aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Jogja.

Penilaian mandiri ini mencakup pemenuhan syarat SPIP seperti yang tertera pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2008. Perubahan terdapat pada poin perbaikan. Berupa peningkatan standar acuan dalam penerapan di lingkungan kerja ASN Pemkot Jogja.

SPIP Kota Jogja sekarang berada di level 3, yang mengindikasikan bahwa SPIP Kota Jogja sudah cukup baik jika dibandingkan dengan kota-kota lain, jelasnya di Ruang Yudhistira Balai Kota Jogja, Kamis (4/11).

Heroe memaparkan SPIP Kota Jogja memiliki peran penting. Itulah mengapa pihaknya melakukan sosialisasi pelaksanaan penilaian mandiri maturitas. Tujuannya agar para ASN di lingkungan Pemkot Jogja memahami poin-poin terbaru.

Fungsi-fungsi dari SPIP, lanjutnya, meliputi mengidentifikasi kelemahan agar dapat mengatur strategi pengembangan daerah. Mendorong daerah agar dapat menyelenggarakan pemerintahan dengan efektif dan efisien sehingga tujuan pembangunan dapat tercapai. Pemerintah dapat melakukan perbaikan dan perencanaan secara berkelanjutan.

Baca Juga :
Wako Erman Safar Buka Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi

Pemerintah dapat meminimalisir terjadinya korupsi, lalu dapat meningkatkan kualitas pengendalian internal. Selanjutnya mampu menganalisa dan mengatasi resiko-resiko, menyusun laporan keuangan yang handal, aset yang aman, serta taat pada perundang-undangan, katanya.

Terkait pelaksanaan optimal, Heroe menargetkan Desember 2021. Tentunya dengan mengawali dengan serangkaian kegiatan. Mulai dari perancangan SPIP secara mendetail hingga perkiraan anggaran.

Masih dilanjut sosialisasi kepada perwakilan aparatur pemerintah. Pemkot Jogja akan mulai memberlakukan SPIP yang telah di perbarui pada bulan Desember mendatang, ujarnya. (om10/dwi).

Original Source

Topik Menarik