Loading...
Loading…
Naik Status PPKM Level 3, NTB Kerja Berlari Percepat Vaksinasi

Naik Status PPKM Level 3, NTB Kerja Berlari Percepat Vaksinasi

Nasional | suarantb | Selasa, 26 Oktober 2021 - 01:31

Mataram (Suara NTB) Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di NTB naik dari level 1 ke level 3. Hal tersebut berdasarkan asesmen situasi Covid-19 di NTB per 23 Oktober 2021.

Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan naiknya level PPKM NTB karena capaian vaksinasi yang masih rendah. Namun, kata Wagub, rendahnya capaian vaksinasi di beberapa kabupaten/kota di NTB juga dipengaruhi pasokan vaksin dari Pemerintah Pusat.

Kita sedang kerja berlari untuk vaksinasi ini, tegas Wagub dikonfirmasi usai rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) Penanganan Covid-19 di Kantor Gubernur, Senin, 25 Oktober 2021.

Sebelumnya, indikator level PPKM dinilai dari trasmisi komunitas dan kapasitas respons. Namun sekarang indikatornya ditambah dengan melihat capaian vaksinasi.

Dari sisi indikator level transmisi dan level kapasitas, kata Wagub, NTB sudah sangat baik atau memadai. Namun untuk level vaksinasi, capaian NTB masih sedang atau kuning dengan persentase sebesar 52,48 persen untuk dosis pertama.

Selain itu, Pemerintah Pusat juga melihat capaian vaksinasi lansia. Capaian vaksinasi lansia dosis pertama di NTB masih terbatas atau merah, baru mencapai 36,35 persen.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, jumlah sasaran vaksinasi lansia di NTB sebanyak 50.751 orang. Dengan rincian, Kota Mataram 26.011 orang, Lombok Barat 3.536 orang, Lombok Tengah 4.341 orang, Lombok Timur 4.809 orang, Lombok Utara 1.141 orang, Sumbawa Barat 1.600 orang, Sumbawa 4.910 orang, Dompu 988 orang, Bima 2.358 orang dan Kota Bima 1.057 orang.

Terkait dengan capaian vaksinasi, kata Wagub, masih ada perbedaan data secara online atau PCare dengan data manual. Ia menyebut perbedaan data capaian vaksinasi antara data online dengan manual di atas 100.000 orang.

Persoalannya, Nomor Induk Kependudukan (NIK) masyarakat yang telah divaksin belum sinkron. Sehingga, hal inilah yang sedang dikejar agar secepatnya tuntas.

Tetapi secara keseluruhan sudah sangat luar biasa capaian vaksinasi kita. Tinggal pasokan vaksinnya saja sekarang. Masalah di kabupaten/kota bukan sulit memvaksin tetapi vaksinya yang kurang, ungkap Wagub.

Dikatakan, vaksin yang didrop dari Pemerintah Pusat ke NTB langsung terserap. Karena Pemda bersama TNI dan Polri bekerja berlari untuk mempercepat vaksinasi di NTB.

PR kita dari sisi Pemerintah Pusat tinggal vaksinasi. Karena pusat ndak mau tahu, dia lihat persentase saja. Kalau kita, vaksinnya mana, kata Wagub.

Berdasarkan hasil asesmen situasi Covid-19 di NTB per 23 Oktober 2021, ada empat Pemda berstatus PPKM Level 2 dan 6 Pemda berstatus PPKM Level 3. Empat daerah yang berstatus PPKM Level 2 yaitu, Lombok Utara, Lombok Tengah, Kota Mataram dan Lombok Barat. Sedangkan 6 daerah yang berstatus PPKM Level 3, yaitu Sumbawa Barat, Sumbawa, Lombok Timur, Kota Bima dan Dompu dan Bima. (nas)

Artikel Naik Status PPKM Level 3, NTB Kerja Berlari Percepat Vaksinasi pertama kali tampil pada SuaraNTB.

Original Source

Topik Menarik