Loading...
Loading…
Azis Syamsuddin Bersumpah Tak Punya 8 `Orang Dalam` di KPK: Demi Allah

Azis Syamsuddin Bersumpah Tak Punya 8 `Orang Dalam` di KPK: Demi Allah

Nasional | limapagi.id | Selasa, 26 Oktober 2021 - 03:30

LIMAPAGI - Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin kembali membantah soal dugaan memiliki delapan \'orang dalam\' di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal itu diungkapkan Azis saat menjadi saksi dalam sidang eks penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan advokat Maskur Husain.

"Dalam kesempatan ini saya sampaikan demi Allah demi Rasulullah saya tidak ada melakukan aturan-aturan norma, ada isu yang berkembang tidak ada," kata Azis di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin, 25 Oktober 2021.

"Saya berani atas nama almarhum ayah dan almarhumah ibu saya untuk kepentingan keluarga dan keturunan saya, tidak pernah melakukan itu ada isu-isu yang berkembang," kata Azis lagi.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Lie Putra Setiawan kemudian menanyakan apa alasan Azis menemui Robin. Namun, Azis membantah dan menegaskan dirinya tak pernah meminta bantuan Robin.

"Saya tidak pernah cerita masalah saya di KPK kepada Robin dan tidak pernah minta tolong kepada Robin," tegas Azis.

Sebagai informasi, Sekretaris Daerah (Sekda) Tanjungbalai, Yusmada, menyebut Azis Syamsuddin memiliki delapan orang di lembaga antirasuah untuk mengurus perkaranya.

Hal itu terungkap dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat pada Senin, 4 Oktober 2021. Yusmada kala itu dihadirkan sebagai saksi.

Terkait hal ini, Azis juga membantahnya. Azis menegaskan sudah menjelaskan hal tersebut kepada KPK.

"Tidak ada (punya delapan penyidik), saya sudah ditanya di KPK sudah saya jelaskan," ucap Azis.

Sebelumnya, nama Azis Syamsuddin disebut dalam isi dakwaan terhadap eks penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

Azis Syamsuddin bersama mantan Wakil Ketua Umum PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), Aliza Gunado, diduga menyuap Robin untuk membantu kasus yang mereka hadapi.

"Bahwa untuk mengurus kasus yang melibatkan Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado di KPK, terdakwa dan Maskur Husain telah menerima uang dengan jumlah keseluruhan sekitar Rp3.099.887.000 dan USD 36.000,\'\' kata JPU KPK Lie Putra Setiawan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin, 13 September 2021.

USD 36.000 setara Rp513.946.800. Dengan demikian, total suap yang diterima Stepanus Robin dari Azis dan Aliza mencapai Rp3,6 miliar.

Original Source

Topik Menarik