Luncurkan Galaxy Z Fold 3, Akankah Jadi Pengganti Note Series?

Nasional | jawapos | Published at Sabtu, 16 Oktober 2021 - 20:40
Luncurkan Galaxy Z Fold 3, Akankah Jadi Pengganti Note Series?

JawaPos.com-Beberapa waktu lalu Samsung meluncurkan ponsel pintar lipat terbarunya, yakni Galaxy Z Fold 3 5G. Smartphone dengan faktor bentuk lipat-melipat itu melenggang bersamaan dengan seri serupa lainnya yakni Z Flip 3.

Khusus untuk Galaxy Z Fold 3 5G, smartphone yang masuk sebagai kelas flagship ini mendukung penggunaan pena stylus S Pen Samsung. Sebelumnya, penggunaan S Pen sendiri selama bertahun-tahun lumrah ditemukan di seri Note atau perangkat Tablet Samsung yang include pada beberapa model.

Hadirnya Galaxy Z Fold 3 yang mendukung penggunaan aksesori pendamping S Pen sempat disebut-sebut merupakan siasat Samsung untuk mematikan seri Note. Ke depan, banyak pencinta gadget menyebut kalau seri Note akan digantikan oleh seri Fold yang punya beberapa keunggulan yang tak dimiliki di seri Note.

Soal rumor tersebut, Samsung memang belum lugas menjawabnya. Namun demikian, disampaikan Manajer Pemasaran Produk Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan, seri Note memang tidak akan hadir lagi untuk tahun ini." Tapi, apakah kehadiran Galaxy Z Fold 3 5G yang mendukung S Pen akan menggantikan seri Note? Masih perlu dilihat lagi," ujarnya di Jakarta, Jumat (15/10).

Seperti sudah disinggung di atas, S Pen biasanya ditemukan pada seri Galaxy Note ataupun perangkat tablet Galaxy Tab Samsung. Setelah kemunculan Galaxy Z Fold 3, penggunaan S Pen kini tidak lagi terbatas pada dua ponsel tersebut.

Penggunaan S Pen kini bisa dilakukan di smartphone lipat Samsung lainnya yakni Galaxy Z Fold 3 5G. Adapun S Pen yang digunakan masih mirip dengan yang ada di seri Note, pun demikian dengan fitur dan teknologi unggulannya seperti Air Action.

Adapun S Pen yang digunakan adalah S Pen Pro dan S Pen Fold Edition. Beda dengan seri Note, S Pen pada Galaxy Z Fold 3 hadir sebagai aksesori pelengkap yang bisa dipilih oleh konsumen dengan penjualan terpisah.

"Selain itu, kalau di seri Note S Pen bisa disimpan di dalam bodi smartphone itu sendiri, pada Galaxy Z Fold 3 5G tidak demikian. Tidak ada ruang untuk menyimpan S Pen dalam perangkat tersebut mengingat bentuknya yang sudah tebal tanpa tambahan aksesori lain. S Pen untuk Galaxy Z Fold 3 5G hadir sebagai pelengkap. Ini memberikan konsumen pilihan apakah mereka ingin pakai S Pen atau tidak," tandas Taufiq. (*)

Artikel Asli